Pelatihan Bahasa Jepang Keperawatan Tingkat Pemula Bagi Siswa SMK Prestasi Agung Jakarta Timur

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) dimulai pada hari Kamis, 13 Juli 2023 kemudian dilanjut Jumat, 21 Juli 2023 dan terakhir pada Jumat, 28 Juli 2023. Kegiatan ini dilaksanakan luring di SMK Prestasi Agung, Jalan Rawamangun Muka Selatan, Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. P2M kali ini mengangkat tema Pelatihan Bahasa Jepang Keperawatan Tingkat Pemula Bagi Siswa SMK Prestasi Agung Jakarta Timur dengan jumlah peserta 22 siswa kelas 10 yang kemudian dibagi menjadi dua kelas.

Tim P2M melakukan sosialisasi kegiatan pada hari Kamis, 13 Juli 2023. Acara diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan pengajar maupun anggota tim P2M oleh Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si. selaku Ketua P2M. Setelah itu, materi awal dibawakan oleh pembicara pertama, Dr. Hermansyah Djaya, S.S., M.A. mengenai pentingnya dan dibutuhkannya perawat di Jepang, tokutei ginou, lembaga pelatihan kerja Jepang, prospek kerja asisten perawat, dan juga keuntungan bekerja sebagai perawat di Jepang. Panitia kemudian menampilkan video-video keseharian perawat di Jepang yang memberikan gambaran kepada peserta mengenai bagaimana aslinya pekerjaan sebagai perawat/caregiver di Jepang. Setelah penampilan video, dibuka sesi tanya jawab oleh pembicara. Selesainya sesi tanya jawab, peserta mengisi presensi kemudian acara ditutup.

Pada pertemuan pertama di hari Jumat, 21 Juli 2023, pelatihan dilakukan dalam 2 kelas secara bersamaan dengan pengampu Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. dan Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si. Pelatihan dibuka dengan salam dan pengisian presensi. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi salam dan perkenalan diri dalam Bahasa Jepang. Selanjutnya, siswa pelatihan melakukan roleplay yang dibagi secara berpasangan. Selesainya roleplay, pelatihan ditutup untuk dilajutkan minggu depan.

Pada pertemuan kedua di hari Jumat, 28 Juli 2023, pelatihan kembali dilakukan dalam dua kelas berbeda secara bersamaan dengan pengajar oleh Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si. dan Dr. Hermansyah Djaya, S.S., M.A. Pelatihan dibuka dengan salam, pengisian presensi, kemudian pengajar me-review kembali materi di pertemuan sebelumnya. Materi baru yang diajarkan adalah huruf hiragana dan anggota tubuh manusia, dimulai dari bagian kepala. Dalam materi hiragana, panitia menayangkan video urutan guratan hiragana yang kemudian harus ditulis oleh siswa. Pada materi anggota tubuh manusia, panitia kembali menampilkan video berisi bagian-bagian kepala. Kemudian, siswa diminta untuk membuat kelompok berpasangan. Setiap kelompok diberikan lembar kerja untuk menuliskan bagian kepala dalam bahasa Jepang. Setelah semua kelompok selesai, pengajar membahas dan memberikan feedback kepada siswa. Acara pun ditutup dengan doa bersama.

Dalam pelatihan bahasa Jepang keperawatan pemula yang telah dilaksanakan selama dua minggu ini, siswa telah mampu mengucapkan salam dan memperkenalkan diri mereka dalam bahasa Jepang. Selain itu, siswa juga telah mampu membaca dan menulis sebagian hiragana dengan guratan yang tepat. Terakhir, siswa sudah mampu menunjukkan dan menyebutkan anggota bagian kepala dalam bahasa Jepang. Dengan berlatih secara berpasangan, siswa juga belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan teman sebaya.

Semoga kegiatan ini terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya dan dapat meningkatkan keterampilan bahasa Jepang para calon perawat serta membuka peluang kerja di Jepang. (FP)