KUNJUNGAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG KE LPK KOKORO NO SHIJI : Sebagai penjajakan kerjasama dalam rangka pelaksanaan program MBKM

Pada hari Rabu, 13 Desember 2023 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mengadakan kunjungan balasan ke LPK Kokoro no Shiji yang sebelumnya telah datang ke UNJ untuk mengajukan permohonan kerjasama. LPK Kokoro no Shiji merupakan lembaga kursus yang memiliki program pemagangan di Jepang. Beberapa dosen perwakilan yang dipimpin langsung oleh Korprodi Ibu Dr. Nia Setiawati, M.Pd. menyempatkan untuk datang langsung ke lokasi LPK yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan. Dari pihak LPK, kedatangan kami disambut langsung oleh Ibu Yumiati Matsuda selaku pemilik LPK Kokoro no Shiji.

Kunjungan ini merupakan salah satu langkah untuk melihat langsung kondisi lapangan yang direncanakan akan menjadi tujuan program magang mahasiswa aktif Prodi sebagai bagian dari program MBKM, yaitu program magang di tempat kerja atau PKL.

Pada kesempatan tersebut kami dapat melihat dan merasakan langsung suasana akademik dan non-akademik LPK yang sangat positif dan tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa aktif Prodi. Diantaranya bagaimana mengajarkan dan menerapkan kedisiplinan, etika, etos kerja, dan tentunya praktik mengajar bahasa Jepang yang efektif dan efisien.

Di akhir acara, Dr. Komara Mulya, M.Ed. juga menyumbangkan tiga buah buku karyanya yang berjudul “105 Tradisi Masyarakat Jepang”, “Japanese for Travel”, dan “Mengenal Budaya dan Kehidupan Masyarakat Jepang dalam 365 Hari”.

Semoga kerjasama ini segera terealisasi. (FP)