P2M : PENGENALAN LINTAS BUDAYA MELALUI BAHASA JEPANG BAGI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN MALAKA SARI, KECAMATAN DUREN SAWIT

Pada hari Senin, 22 Agustus 2022 hingga hari Rabu, 24 Agustus 2022 telah diselenggarakan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang bertemakan “Pengenalan Lintas Budaya Melalui Bahasa Jepang Bagi Anak Usia Dini” sebagai salah satu rangkaian kegiatan P2M Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta di wilayah binaan Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Kegiatan P2M ini diadakan secara luring di kantor RW 02, Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur dan dihadiri oleh 21 orang peserta dari PAUD di Kelurahan Malaka Sari.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si. ini bertujuan untuk mengenalkan bahasa Jepang melalui budaya kepada anak-anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan penayangan video tentang budaya anak-anak di Jepang. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan aisatsu (salam) dan kosakata buah bersamaan dengan warnanya, yang disampaikan oleh panitia kepada peserta. Setelah itu, peserta dibagi ke dalam lima kelompok yang masing-masing dipandu oleh satu instruktur. Setelah pembagian kelompok, para instruktur kemudian mengambil alih untuk mengajarkan aisatsu, kosakata buah dan warna kepada peserta menggunakan flashcard agar mudah dipahami oleh adik-adik PAUD. Kegiatan di hari pertama selesai pada pukul 11.00 serta ditutup dengan pembagian bingkisan dan doa bersama.

 

Acara dilanjutkan pada hari kedua, Selasa 23 Agustus 2022. Pada hari kedua ini kegiatan utama adalah pengenalan lagu berbahasa Jepang tentang buah dan warna. Panitia memutarkan video, kemudian instruktur menyanyikan lagunya terlebih dahulu agar lebih mudah diucapkan oleh peserta. Setelah itu instruktur secara perlahan mengajarkan kosakata pada lirik lagu tersebut dan mengajak peserta untuk bernyanyi bersama. Kegiatan di hari kedua selesai dan ditutup dengan doa bersama.

 

Acara berlangsung kembali di hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022, sebagai hari terakhir diputarkan kartun Jepang Doraemon dan Crayon Shinchan. Film diputarkan sebagai pembuka kegiatan agar para peserta bersemangat dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu yang pada hari sebelumnya telah diajarkan oleh para instruktur. Sebagai dokumentasi dan hasil dari acara ini, para peserta menyebutkan kembali materi mengenai aisatsu, kosakata buah dan warna yang telah diajarkan ada hari pertama, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu bertemakan buah serta warna dan direkam oleh panitia. Peserta nampak antusias ketika pembuatan video ini karena merasa senang telah mampu mengucapkan kosakata dan kalimat yang biasa mereka dengar di kartun favoritnya. Sebagai penutup dari acara ini, peserta, instruktur dan segenap panitia melakukan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata.

Semoga kegiatan ini dapat membuka wawasan akan pentingnya pemahaman lintas budaya sejak usia dini, sehingga diharapkan anak-anak Indonesia siap menghadapi dunia global. (FP)