KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P2M) DENGAN PROGRAM-PROGRAM UNGGULAN UNTUK MENGGALI DAN MENGANGKAT KE PERMUKAAN POTENSI-POTENSI SENI BUDAYA DI DESA CISAAT

       Desa Cisaat merupakan desa wisata binaan Universitas Negeri Jakarta, ke depan diproyeksikan sebagai desa wisata edukasi yang memiliki kampung Bahasa dan Seni di kampung Cilimus, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.  

        Dalam rangka realisasai proyeksi ke depan tersebut, Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta memberikan dukungan untuk turut serta mengembangkan Desa Cisaat sebagai desa binaan kearah desa wisata edukasi. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) dengan program-program unggulan untuk menggali dan mengangkat ke permukaan potensi-potensi  seni budaya di desa Cisaat.

       Salah satu wujud kontribusi untuk pengembangan Cisaat sebagai desa wisata edukasi adalah Pengembangan Program Kelas Wisata Tari untuk publikasi Wisata Edukasi di Desa Cisaat oleh Tim Program Studi Pendidikan Tari, FBS, UNJ yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juli 2022 di Sanggar Tari Surya Medal Putri Kencana oleh Tim P2M dengan ketua pelaksana Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. Anggota tim Dr. Rizki Taufik Rakhman, S.Sn., M.Si, Anjani Ayu Rizki Ramadhani, Amelia Febriana.  Tujuan pengembangan tersebut untuk (1) meningkatkan rasa cinta dan bangga bagi masyarakat Cisaat terhadap kesenian dan budaya yang dimiliki; (2) memberikan pengalaman menari bagi wisatawan dalam waktu yang sangat singkat; (3) mempublikasikan kesenian di Desa Cisaat, kecamatan Ciater, Kabupaten Subang kepada orang lain; dan (4) mendatangkan income bagi masyarakat di Desa Cisaat, kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

       Hasil dari kegiatan berupa program paket wisata tari yang dapat dipelajari oleh wisatawan dalam jangka singkat, yaitu belajar gerak dasar 2 jam dan belajar tari 4 jam, 1 hari, 3 hari dan 1 minggu. Paket tari tersebut dipromosikan melalui brosur dan video yang diunggah dalam youtube, tik-tok dan instragram. Promosi kepada khalayak melalui berbagai media sosial tersebut, diharapkan dapat memotivasi minat wisatawan domestik maupun wisatawan dari negara lain untuk datang ke desa Cisaat. (DK)