KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P2M) DENGAN
PROGRAM UNGGULAN PENDAMPINGAN PENELITIAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PENINGKATAN MUTU IMPLEMENTASI PBL DAN PjBL PADA KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU TARI DI MGMP SENI BUDAYA SMA DKI JAKARTA. (JUNI-SEPTEMBER 2023)

Kegiatan Pendampingan  Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah untuk  Peningkatan Mutu Implementasi Problem Based Learning dan   Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka Bagi Guru  Tari Di MGMP Seni Budaya SMA DKI Jakarta, merupakan program kegiatan pertama antara Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa Seni, Universitas Negeri Jakarta dengan MGMP Seni Budaya SMA DKI Jakarta.  Ketua kegiatan Dr. Dwi Kusumawardani.,M.Pd dengan anggota Selly Oktarini, S.Pd. M.Sn,  melibatkan tiga orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari, yaitu Anjani Ayu Rizki Ramadhani, Fahima Raisya Nakhwin, dan Maulita Maeysanti Setiawan.

       Kegiatan dibuka pada tanggal 9 Juni 2023 oleh Dr. Deden Haerudin, M.Sn selaku Kordinator Program Studi Pendidikan Tari, dihadiri oleh Fermi Fahmi., S.Pd selaku Ketua MGMP Seni Budaya SMA DKI Jakarta. Kegiatan diikuti oleh 10 orang guru Tari anggota MGMP Seni Budaya SMA DKI Jakarta. Jumlah peserta dibatasi maksimal 10 orang guru, karena kegiatan ini berdasarkan minat dan kesedian peserta untuk mengikuti seluruh kegiatan dan menulis artikel ilmiah. Rangkaian kegiatan dibagi dalam 3 sesi, dilaksanakan secara daring dengan metode seminar, penugasan, dan diskusi hasil review.  Waktu kegiatan mulai bulan Juni hingga September 2023, total waktu kegiatan 200 jam pertemuan (200 JP). Uraian kegiatan, sebagai berikut: 

         

Program kegiatan ini termasuk dalam Skema PPM Kemitraan Dunia Usaha, Pemda, dan Instansi Pendidikan (PPM-KDUPIP). Khususnya kemitraan Instansi Pendidikan. Tujuannya menghasilkan karya ilmiah yang ditulis oleh guru, untuk mengatasi masalah-masalah belajar dan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kompetensi guru di abad 21 dan kurikulum merdeka di institusi pendidikan (sekolah).

       Manfaat yang diharapkan diperoleh oleh guru dari kegiatan ini adalah: 1) peningkatan kualitas produktifitas dan efisiensi kinerja guru; 2) membantu keberhasilan proses belajar dan pembelajaran di sekolah, meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah maupun di Indonesia sesuai dengan kurikulum merdeka; dan 3) untuk membantu kenaikan pangkat dan jabatan fungsional bagi para guru Tari di lingkungan MGMP Seni Budaya SMA DKI Jakarta.

        Manfaat program tersebut relevan dengan harapan para guru yang telah disampaikan oleh Fermi Fahmi, S.Pd  selaku Ketua MGMP Seni Budaya DKI Jakarta dalam sambutannya di acara pembukaan tanggal 9 Juni 2023,  bahwa kegiatan ini akan memberikan motivasi bagi guru untuk menulis artikel ilmiah, dan meningkatkan kualitas guru Seni Budaya dalam memberikan layanan pembelajaran kepada peserta didik. Peserta pendampingan yang dominasinya para guru yang baru saja diangkat sebagai ASN dilibatkan dalam kegiatan ini, harapannya agar dimasa depan dapat memiliki peran lebih banyak dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.

        Hasil kegiatan pendampingan berupa draf artikel ilmiah yang ditulis oleh para guru berdasarkan hasil penelitiannya, yang siap submit secara mandiri ke jurnal Pendidikan Tari, atau ke jurnal pendidikan seni lainnya. ***** Penulis: Dr. Dwi Kusumawardani. M.Pd