Seminar dan Lokakarya “Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa dalam Pengajaran Bahasa Jepang”

Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Kyoujuhou (Metodologi Pengajaran) yang diampu oleh Dr. Nia Setiawati, M.Pd. dan telah terselenggara sejak tahun 2020 sebagai upaya pembaruan di pembelajaran daring semasa pandemi. Kegiatan yang diselenggarakan sebagai pembekalan terhadap mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Keterampilan Mengajar di sekolah ini untuk pertama kalinya diselenggarakan secara luring dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd. pada tanggal 12 Mei 2023.

Kegiatan semiloka tahun ini bertemakan “Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa dalam Pengajaran Bahasa Jepang” dan dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama pada tanggal 12 Mei 2023 menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. yang membawakan materi tentang Penilaian dalam Keterampilan Membaca, dan dilanjutkan oleh Dr. Nur Sa’adah Fitri Asih, M. Pd yang membawakan materi tentang Penilaian dalam Keterampilan Menulis.

Sesi kedua pada tanggal 17 Mei 2023 menghadirkan dua narasumber yaitu Dwi Astuti Retno Lestari, M. Si., M. Ed. membawakan  materi tentang Penilaian dalam Keterampilan Menyimak, dan dilanjutkan oleh Dra. Yuniarsih, M. Hum., M. Ed. membawakan materi tentang Penilaian dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang.

Acara dihadiri oleh mahasiswa aktif prodi pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2019 dan 2020 yang melaksanakan pelatihan keterampilan mengajar di semester mendatang sebanyak 37 orang.

Acara berlangsung kondusif diawali dengan pemaparan materi oleh masing-masing pembicara, dan diakhiri dengan lokakarya mahasiswa untuk membuat rancangan penilaian masing-masing keterampilan berbahasa.

Semoga kegiatan semacam ini semakin banyak di masa yang akan datang dan bermanfaat bagi para peserta yang mengikutinya. (FP)