Jiyuu Matsuri

Jiyuu Matsuri atau lebih dikenal dengan JIMAT merupakan festival budaya Jepang yang digelar setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang UNJ. Acara yang diselenggarakan sejak tahun 2009 ini selalu mendapat tempat bagi pecinta budaya Jepang atau bagi yang hanya untuk mencari hiburan. Terlihat dari jumlah pengunjung yang datang tidak kurang dari 2000 orang selama dua hari acara digelar dan selalu meningkat setiap tahunnya. JIMAT selalu mengusung tema dan konten acara yang menarik serta berbeda dari festival budaya Jepang lainnya. Berikut beberapa ulasan JIMAT dari tahun ke tahun.

Jiyuu Matsuri 2012

Matsuri 2012

Jiyuu Matsuri UNJ tahun 2012 ini mengangkat tema Mukashi kara Genzai made Sonzaisuru Bunka, sub tema Indonesia Negeriku Jepang Sahabatku, dan judul Lestarikan Budaya Bersama Gatot Kaca dan Kamen Rider diselenggarakan pada tanggal 24-25 November 2012.  Acara dibuka dengan seminar yang mengangkat tema “mengungkap eksistensi samurai masa kini”. Selanjutnya  workshop yang diadakan pada JIMAT 2012 yaitu workshop washiningyou yang dalam kegiatannya para peserta diajarkan untuk membuat boneka khas Jepang.

Jiyuu Matsuri 2013

Matsuri 2013

Jiyuu Matsuri 2013 diadakan pada 16 dan 17 November dengan tema “REKREASI” (Recycle, Kreatif sebagai Budaya dan Tradisi).  Acara yang bertempat di Halaman Fakultas Ekonomi ini.  menyajikan konsep pemakaian ulang barang-barang bekas yang diolah kembali menjadi barang-barang yang kreatif. Konten acara terdiri dari seminar, workshop, lomba serta penampilan dari berbagai pengisi acara. Seminar pada JIMAT 2013 ini mengusung tema “Langkah Menuju Kota yang Bersih Seperti Jepang”. Seminar ini menghadirkan pembicara dari Osoji Club yaitu komunitas yang peduli akan kebersihan. Kegiatan seminar diakhiri dengan membersihkan sampah disekitar tempat acara. Workshop utama dalam acara ini ialah workshop kotak susu yakni berisi kegiatan mengenai cara mengolah kotak susu bekas menjadi barang-barang yang dapat digunakan seperti dompet dan tempat ponsel. Selain acara indoor, berlangsung juga acara di outdoor dengan menyajikan berbagai penampilan kesenian Jepang maupun Indonesia.

Jiyuu Matsuri 2014

Matsuri 2014

Jiyuu Matsuri tahun 2015 diadakan pada 1 dan 2 November mengusung tema “Nichi I in Wonderland”. Pada tahun ini pengunjung diajak untuk berimajinasi seluas luasnya. Acara yang diadakan selama dua hari ini mendapat respon yang baik dari para pengunjung, terhitung sekitar 5000 pengunjung memadati Halaman IKIP UNJ sebagai tempat utama diadakannya acara ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara dibuka dengan seminar yang pada tahun ini mengambil tema “Ukir Imajinasi, Bangun Asa, Wujudkan Mimpi Dengan Komik. Seminar ini menghadirkan C. Suryo Laksono yaitu komikus terkenal re:on comics sebagai pembicaranya. Workshop yang diadakan pada tahun ini sangat mengajak pesertanya untuk berimajinasi membuat sebuah karya seperti workshop pudding art, paper craft dan origami. Para dosen dilibatkan sebagai juri dalam lomba akademik maupun umum, selain itu ada yang berperan sebagai moderator dalam seminar.

Jiyuu Matsuri 2015

Matsuri 2015

Jiyuu Matsuri tahun 2015 diadakan pada 7 dan 8 November mengusung tema “Time Travel’ pengunjung diajak untuk menjelajahi waktu dari zaman dulu hingga sekarang. Tidak kalah dari tahun sebelumnya, antusias pengunjung sangat baik. Kali ini JIMAT mengundang sutradara animasi ‘Battle of Surabaya’  kebanggaan Indonesia dalam seminar  yang bertemakan “Perkembangan Dunia Animasi Dalam Kacamata Pendidikan”. Pada workshop yang diadakan pun menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya, seperti workshop dubbing dengan pembicara Hana Bahagia yaitu pengisi suara Naruto Indonesia. Para dosenpun kembali dilibatkan menjadi uri dalam beberapa lomba baik akademik maupun umum.