P2M “WORKSHOP PEMBUATAN SABUN CUCI RAMAH LINGKUNGAN DARI BAHAN DASAR ECO ENZYME DI MALAKA SARI”

Pada hari Minggu, 21 Agustus 2022 telah diselenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang merupakah salah satu dari rangkaian kegiatan P2M  Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta di wilayah binaan Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Kali ini, P2M yang diketuai oleh Viana Meilani Prasetio, S.S., M.Pd. mengusung tema “Workshop Pembuatan Sabun Cuci Ramah Lingkungan Dari Bahan Dasar Eco Enzyme”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya mengenalkan proses daur ulang sampah melalui sabun yang terbuat dari Eco Enzyme.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring bertempat di Rumah Sampah, Malaka Sari, Jakarta Timur. Pada P2M kali ini menghadirkan pembicara yaitu Ibu Nila Sari selaku penggiat Eco Enzyme. Kegiatan kali ini dimulai dengan laporan dari ketua pelaksana Ibu Viana Meilani Prasetio, S.S., M.Pd. serta dibuka secara resmi oleh Bapak Ketua RW Malaka Sari.

Pertama-tama, Ibu Nila Sari menjelaskan tentang Eco Enzyme mulai dari pengertian Eco Enzyme, bahan-bahan pembuatan Eco Enzyme, manfaat dari Eco Enzyme, dan cara pembuatan Eco Enzyme. Setelah itu dilanjutkan dengan contoh pembuatan sabun menggunakan Eco Enzyme oleh pembicara.

Setelah pembicara mempraktikkan pembuatan sabun, para peserta dipersilakan untuk membuat sabun bersama-sama dengan kelompok masing-masing. Kegiatan praktik berlangsung dengan lancar dan kondusif. Para peserta terlihat antusias saat kegiatan berlangsung.

Kegiatan ditutup dengan pemberian testimoni dari para peserta dan foto bersama. Kegiatan P2M di Malaka Sari ini berjalan dengan lancar dan semoga kegiatan ini memberi manfaat kepada para peserta sesuai harapan. (VMP