STUDIUM GENERALE 2013

Studium Generale 2013 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ bertempat di Gedung Sertifikasi Guru lantai 8.  Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa, 29 Oktober 2013 tersebut mengusung tema “Etos dan Budaya Kerja di Perusahaan Jepang”. Tema ini disepakati melalui mekanisme rapat dosen dengan mempertimbangkan pentingnya mahasiswa mendapatkan pembekalan soft skill guna mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja.

 Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni yakni Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. Setelah Dekan memberikan sambutan, Dr. Eng. Bobsy Arief Kurniawan, M.A. yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini menyajikan materi tentang etos dan budaya kerja di perusahaan Jepang. Selain pemaparan materi dalam bentuk ceramah, beliau juga memberikan sajian berupa video-video yang memperlihatkan etika bekerja di perusahaan Jepang. Kegiatan ini diwajibkan bagi mahasiswa angkatan 2013, 2011, 2010. Kesempatan mengikuti studium generale ini juga diperbolehkan bagi mahasiswa angkatan 2009 dan 2008 namun tidak diwajibkan. Sebagai rangkaian dari kegiatan, mahasiswa mempertunjukkan drama berbahasa Jepang yang berdurasi pendek untuk hiburan.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari mahasiswa dimana dalam menyimak pemaparan materi dari narasumber para mahasiswa terlihat serius. Kesempatan tanya-jawab dimanfaatkan para mahasiswa sebaik-baiknya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema kegiatan. Antusiasme tinggi juga ditunjukkan oleh para mahasiswa yang hadir melalui sikap mereka yang mengiringi saat drama yang dipertunjukkan oleh beberapa mahasiswa menampilkan adegan serius,  mereka juga menunjukkan mimik muka yang serius. Demikian pula saat drama yang dipertunjukkan menampilkan dialog dan sikap tubuh yang mengandung humor, mereka tak segan untuk berpadu riuh rendah dalam gelak tawa.