P2M : PENGENALAN KANJI PADA MASYARAKAT MALAKA SARI SEBAGAI UPAYA PELUANG BISNIS

Pada hari Minggu, 28 Agustus 2022 telah diselenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang merupakah salah satu dari rangkaian kegiatan P2M  Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta di wilayah binaan Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Tema yang diusung adalah pengenalan huruf dalam rangka upaya meningkatkan peluang dalam berbisnis. Tulisan Kanji saat ini digunakan sebagai variasi dalam berbagai macam merchandise, seperti pakaian dan lainnya dan diharapkan dampaknya bagi para remaja karang taruna Malaka Sari dapat berkreasi dan memproduksi berbagai produk dengan tulisan Kanji.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Eky Kusuma Hapsari, M. Hum, dan dimulai dengan laporan dari ketua pelaksana Ibu Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. serta dibuka secara resmi oleh Lurah Malaka Sari Bapak Rusli Bapak Rusli Abidin, S.E., M.Si.

Pada bagian pemaparan, kegiatan dipandu oleh moderator Ibu Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si,.M.Ed. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ibu Dekan Fakultas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. , lalu Ketua Karang Taruna Malaka sari Bapak Afif Budi Widyawan, S.Si, S.S, M.M.

Pemaparan materi pertama oleh Ibu Dra. Renariah, M.Hum. menjelaskan awal mula huruf Kanji Jepang, serta memperkenalkan bentuk beberapa karakter Kanji sederhana dengan cara bacanya dan makna setiap karakter yang ditampilkan. Pemaparan oleh beliau sangat detail dan hati-hati namun sangat mudah dimengerti karena pembawaan pemateri yang santai.

Setelah itu dilanjut oleh Hadyan Bimo Yustio yang merupakan alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jepang tahun 2012 untuk memaparkan materi yang kedua, kali ini Bimo-san mengajak para peserta untuk membuat nama masing-masing dengan huruf Kanji dan tentunya memilih Kanji yang bermakna baik dengan mudah menggunakan website Name In Kanji Generator. Pembawaan yang menyenangkan dari pemateri membuat pembelajaran Kanji menjadi ringan. Bimo-san juga menyiapkan nama-nama peserta dalam huruf Kanji yang ditulis tangan langsung sebagai hadiah untuk para peserta.

Kegiatan ini memakan waktu lebih cepat dari yang seharusnya namun berjalan dengan sangat baik. Semoga kegiatan ini memberi manfaat kepada para peserta sesuai harapan. (FP)