WORKSHOP PELUANG BISNIS PADA PRODUK CETAK DENGAN DESAIN HURUF KANJI BAGI MASYARAKAT KELURAHAN MALAKA SARI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 telah diselenggarakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Lanjutan Tahun Ke-2 yang bertemakan “Workshop Peluang Bisnis Desain pada Produk Cetak Dengan Desain Kanji bagi Masyarakat Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur” sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan PPM  Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta di wilayah binaan Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Kegiatan PPM ini diadakan secara luring di kantor RW 02, Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur dan dihadiri oleh 9 orang peserta dari masyarakat Kelurahan Malaka Sari.

Kegiatan PPM yang diketuai oleh Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si., M.Ed dan Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed sebagai ketua pelaksana ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat desa malaka sari kecamatan duren sawit Jakarta Timur agar dapat secara mandiri berwirausaha souvenir dengan desain kanji sebagai alternatif industri kreatif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seminar dan workshop ini dilaksanakan secara luring dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Fizati Nara Prameswari dan dimulai dengan laporan dari ketua pelaksana Ibu Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. serta dibuka secara resmi oleh Eky Kusuma Hapsari, M.Hum. sebagai perwakilan Ketua RW 02 Kelurahan Malaka Sari.

Kegiatan inti diawali dengan pengisian pre-test, seminar, workshop, dan diakhiri dengan pengisian post-test serta angket. Pemaparan materi oleh Dr. Entin T. Agustina, S.Pd., M.Ds. menjelaskan mengenai seni kriya atau seni kerajinan, memperkenalkan alat dan bahan yang digunakan, serta menjelaskan langkah-langkah pembuatan produk cetak dengan desain huruf kanji. Pemaparan materi oleh beliau sangat detail, sehingga sangat mudah dipahami dengan baik.

Hasil analisis data pre-test dan post-test yang diisi oleh 7 responden dari 9 peserta menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan program JASP dengan Uji Paired Sample T-Test. Dengan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan pada kegiatan seminar dan workshop. Selanjutnya, hasil angket tingkat kepuasan peserta terhadap kegiatan PPM ini menunjukkan adanya antusiasme peserta, dan peningkatan minat terhadap huruf kanji sebagai peluang bisnis.

Kegiatan PPM seminar dan workshop berjalan dengan efektif, peserta memperhatikan setiap pemaparan materi dan narasumber dengan fokus. Oleh karenanya, diharapkan kegiatan PPM ini dapat bermanfaat untuk masyarakat kelurahan Malaka Sari agar produk cetak dengan desain kanji dapat dijadikan menjadi suatu peluang bisnis dalam bidang industri kreatif. (YG)