PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG PADA LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG

Pada 22 Juni 2019, Vaniya Safitri Irawan, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ mengikuti lomba pidato bahasa Jepang yang diadakan oleh Japan Foundation. Lomba yang diadakan di Hall Japan Foundation ini dibuka untuk umum (institusi atau pribadi), sehingga dihadiri oleh beragam peserta. Vaniya, begitu panggilannya, berhasil membawa pulang piala juara ke 3 lomba pidato bahasa Jepang yang diadakan oleh Japan Foundation tahun ini.

Bermula dari keikutsertaannya pada lomba pidato bahasa Jepang tingkat prodi dan berhasil menduduki peringkat 1, Vaniya mulai memberanikan diri untuk mengikuti lomba pidato bahasa Jepang tingkat Jabodetabek yang dihadiri oleh 15 peserta ini. Dengan dibimbing oleh Asuka sensei (salah satu pengajar program Monbusho di prodi), Vaniya berhasil mengharumkan nama Prodi Pendidikan Bahasa Jepang tingkat Jabodetabek.

“Awalnya berpikiran, ah, udahlah kayaknya gak akan mungkin menang. Tapi akhirnya ga nyangka nama saya disebut,” cerita Vaniya saat diwawancarai. Saat ini Vaniya sedang menyiapkan diri untuk mengikuti lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional. “Harapannya pada lomba tingkat nasional nanti dapat mengharumkan nama universitas, dapat hasil yang terbaik. Karena itu saya juga harus berjuang yang terbaik. Asuka sensei juga lebih kibishii saat latihan sekarang ini,” celoteh Vaniya.

Vaniya berpesan untuk kouhai atau siapapun yang nanti akan mengikuti jejaknya.”Belajar bahasa Jepang ga hanya dari buku teks saja, tapi harus diaplikasikan, ya salah satunya melalui pidato ini. Di pidato juga kita ga hanya melatih kemampuan bahasa, tapi juga mengajak orang lain dengan menggunakan kemampuan bahasa yang kita miliki,” katanya. Terakhir Vaniya menambahkan, “jangan takut salah. Selalu menampilkan yang terbaik! Itu motto yang saya dapatkan dari organisasi yang pernah saya ikuti”, tutup Vaniya. Baiklah, semoga mendapat hasil yang terbaik, Vaniya. Ganbatte kudasai! (DA)