HARI PERTAMA JIYUU MATSURI 2019

Sabtu, 9 November 2019 bertempat di  Aula Maftuchah Gedung Dewi Sartika UNJ diadakan pembukaan acara Jiyuu Matsuri (JIMAT) 2019. Acara resmi dibuka oleh WR 3 Bidang Kemahasiswaan UNJ, yakni bapak Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd., dihadiri pula oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, ibu Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd., ketua Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ, ibu Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed., serta para dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ. Jiyuu Matsuri yang merupakan festival budaya Jepang ini adalah agenda terbesar tahunan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ. Tahun ke-11 ini Jiyuu Matsuri mengangkat tema Dive In Animation, dengan menyajikan seminar bertema “Eksplorasi Potensi Diri Melalui Animasi” dengan pembicara dari MNC Animation, yaitu bapak Esaf Andreas Sinaulan dan bapak Suhendra Wijaya. Seminar yang juga bertempat di Aula Maftuchah Gedung Dewi Sartika ini dihadiri oleh 91 peserta.

Selain Seminar, pada hari pertama ini juga diisi dengan lomba-lomba baik lomba umum maupun akademik. Lomba umum berupa cosplay walk, cosplay photography, design character, doujinshi, fan art dan lomba makan. Sementara lomba akademik meliputi lomba pidato, kana kanji, rodoku, shiritori, lomba mading dan cerdas cermat.

Di lapangan IKIP sejak pagi juga berlangsung berbagai penampilan dari dance cover, singing competition, band performance, taiko, odori, serta penampilan alat musik. Tidak kalah ramai antriannya, di tempat obake yashiki atau yang biasa dikenal dengan rumah hantu inipun menjadi salah satu tempat yang selalu diminati pengunjung. Di hari pertama pengunjung obake yashiki sebanyak 250 orang. Berbagai kalangan mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, hingga orang tua turut memadati Jiyuu Matsuri di hari pertama ini. Tidak ketinggalan pula stan makanan serta stan asesoris tampak dipadati pengunjung. (DA)