Musco Band Competition 2023

Jakarta, 28 November 2023 mahasiswa program studi pendidikan musik Universitas Negeri Jakarta angkatan 2022 bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEMP) prodi pendidikan musik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar acara Music Corner (MUSCO) 2023 yang bertajuk “Tembang Kenangan”. Acara ini merupakan salah satu dari program kerja BEMP dan dilaksanakan oleh para mahasiswa tahun kedua di setiap tahunnya.

Acara yang bertemakan “Songs of Indonesian Legend” ini menampilkan berbagai penampilan dari berbagai genre yang dikemas dengan kreativitas generasi muda dalam membawakan lagu-lagu lawas Indonesia. Masing-masing penampil menampilkan satu lagu daerah dan satu lagu jadul dekade 70-90an yang diaransemen ulang sesuai kreativitas masing-masing.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Denita Anjani selaku ketua pelaksana Musco 2023 dan dibuka dengan penampilan dari tiap angkatan program studi pendidikan musik UNJ dari angkatan 2022 sampai 2019. Pada penampilan pertama, mahasiswa angkatan 2022 membuka acara Musco 2023 dengan lagu Sakura dari Fariz Rm dan Bengawan Solo ciptaan Alm. Gesang Martohartono yang dikemas ulang dalam genre chamber pop. Kemudian, mahasiswa angkatan 2021 membawakan lagu Sirih Kuning dan Salah dari Potret yang diaransemen ulang dengan nuansa pop punk, dilanjutkan oleh mahasiswa angkatan 2020 yang membawakan lagu Kau dari Rafi Sudirman dan Kangen dari Dewa 19 dengan genre pop rnb, lalu diakhiri oleh penampilan dari angkatan 2019 dengan membawakan lagu Tak Ingin Sendiri dari Dian Piesesha dan Jamila yang dikemas ulang dalam genre pop bernuansa daerah sebagai penutip dari penampilan angkatan.

Tak lupa juga bahwa MUSCO pada tahun ini mengadakan ajang kompetisi band tingkat nasional yang memiliki dua babak yaitu semifinal yang diadakan secara seleksi via online dan final yang ditampilkan secara langsung di dalam acara MUSCO 2023. Kompetisi fnal lomba band ini diadakan setelah penampilan angkatan dan menampilkan tiga finalis, yaitu, Sea Dreams Band, Gitadusa Band, dan PDS Band. Ketiga band tersebut juga membawakan lagu daerah dan lagu lawas Indonesia dalam kompetisi ini untuk memperebutkan juara 1, juara 2 dan juara 3.

Kompetisi band ditutup dengan pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah. Dalam kompetisi kali ini, Juara 1 diraih oleh PDS band, juara 2 oleh Gitadusa band dan Juara 3 oleh Sea Dreams band.

Acara dilanjutkan pada malam hari pukul 19.00 yang dibuka secara megah oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) prodi pendidikan musik yaitu Jamrock dengan membawakan lagu Salam Untuk Dia dari Voodoo dan Manuk Dadali yang dibalut dengan nuansa Rock. Setelah itu, penampilan dari special performance dalam acara Music Corner 2023 yang diantaranya adalah Tiga Gitar, yaitu, band yang didominasi oleh tiga gitaris dengan membawakan lagu bertemakan blues, dilanjutkan oleh Rafi Durman, soloist dan juga merupakan alumni prodi pendidikan musik UNJ yang membawakan karya-karyanya yang bernuansa jazz-pop lalu ditutup oleh penampilan dari Gusti Irwan Wibowo, seorang musisi yang membawakan karya-karyanya yang bernuansa jazz-indie.

Acara Music Corner 2023 “Tembang Kenangan” pada tahun ini tidak hanya memberikan pengalaman musikal yang menyenangkan tetapi juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk melestarikan dan mengapresiasi lagu-lagu lawas Indonesia pada generasa di zaman millenial ini. Music Corner pada tahun ini juga diadakan sebagai ajang pengembangan kreativitas generasi muda dalam bermusik yang diharapkan setelahnya akan terus dikembangkan dan menjadi motivasi bagi para remaja untuk terus berkreasi dan melestarikan lagu-lagu lawas Indonesia.