Seminar Hidup Dari Karya

Jakarta, 5 September 2023 Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar seminar  bertajuk “Hidup dari Karya” di Gedung Dewi Sartika Auditorium Mafhtuhah Yusuf, Universitas Negeri Jakarta pukul 10.00 – 12.00.

Seminar ini Bertujuan untuk memperkenalkan bahwa dari sebuah karya yang mungkin terlihat sepele, akan dapat sangat menguntungkan. Dari seminar ini pun kita belajar untuk menghargai setiap karya yang ada. Seperti musik yang hanya dibuat tanpa tujuan apapun dengan alasan iseng ataupun untuk mengisi waktu luang dapat menghasilkan komisi jika karya tersebut diperkenalkan kepada publik dengan bantuan beberapa media. Di seminar ini kita juga mempelajari bagaimana ekosistem dari musisi dan bagaimana cara memaksimalkan platforms yang ada agar karya kita dapat dikenal banyak orang yang nantinya sang pencipta karya juga akan mendapatkan komisi yang cukup besar.

Seminar ini juga menjelaskan bagaimana cara agar karya kita lebih mudah untuk dikenal banyak orang. Mulai dari algoritma YouTube dan juga cara memanfaatkannya. Dengan mempelajari algoritma dari YouTube ini, maka pencipta karya juga harus mengerti bagaimana thumbnail ataupun judul dari karya tersebut agar ditampilkan ke banyak orang.

Seminar ini mengundang pemapar materi yang ahli dalam ekosistem musik, yaitu  Robert Mulyarahardja dari WAMI (Wahana Musik Indonesia), Novi Monik dari Inside, Yuliana Tan dari Sony Music Publishing, Seto Bramana yang merupakan seorang komposer ternama, dan Muara Sipahutar yang merupakan Music Content Partnerships dari YouTube.

WAMI (Wahana Musik Indonesia) sendiri merupakan sebuah Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Indonesia yang bertugas mengelola penggunaan Karya Cipta lagu/musik milik anggotanya, terutama untuk royalti atas Hak Pengumuman (Performing Rights). WAMI baik secara sendiri maupun bersama-sama dengan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) melakukan kegiatan-kegiatan pengelolaan Hak Cipta lagu/musik yang termasuk di dalamnya adalah pemberian lisensi, penarikan, penghimpunan dan pendistribusian royalti yang dibayarkan oleh pengguna kepada anggota WAMI khusus untuk Hak Pengumuman (Performing Rights).

Robert Mulyarahardja menjelaskan bahwa WAMI akan memastikan setiap pencipta musik akan mendapatkan hak royalti yang sesuai. WAMI juga membantu pencipta musik untuk mendapatkan hak cipta.