Masterclass Flamenco

Jumat, 5 Mei 2023 telah berlangsung acara Masterclass Flamenco yang diprakarsai oleh Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Acara ini berlangsung di Gedung M Lantai 3 Universitas Negeri Jakarta pada pukul 13.00. Pemateri pada masterclass kali ini adalah Adien Fazmail dan Angela Lopez. Masterclass kali ini terasa sangat spesial karena merupakan kali ke dua mereka datang ke Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta, kedatangan pertama mereka pada tahun 2017.

Acara masterclass tersebut dibuka oleh sambutan Korprodi Pendidikan Musik Ibu Dian Herdiati. Ibu Dian berpesan kepada semua mahasiswa yang mengikuti masterclass agar bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, karena merupakan kesempatan berharga untuk menimba ilmu langsung dengan orang merupakan pakar di bidangnya. Selain itu Ibu Dian juga sangat berterimakasih kepada pemateri karena sudah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa belajar langsung.

Masterclass kali ini bertemakan A Theoritical and Practical Aproach of Flamenco. Pemateri tidak saja hanya mengajarkan praktik tentang bagaimana cara bermain flamenco, melainkan membahasa satu per satu mulai dari sejarah, tokoh-tokoh dan perkembangan flamenco di dunia. Tentu saja mahasiswa sangat tertarik dengan masterclass tersebut karena merupakan hal yang baru bagi mereka. Peserta Masterclass ini adalah semua mahasiswa mayor gitar yang memang digadang-gadang harus memiliki kompetensi lebih, tidak hanya bisa bermain gitar secara klasik, namun juga bisa bermain dengan teknik flamenco.

 

Kontributor Pendidikan Musik – GR