Masterclass Cello dan Piano oleh Duo Saraswati

 

Selasa, 11 April 2023 telah berlangsung acara Masterclass Cello dan Piano oleh Duo Saraswati yang diprakarsai oleh Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Acara ini berlangsung di Aula Maftuchah Yusuf Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta pada pukul 10.00. Masterclass ini menjadi misi budaya bagi Duo Saraswati yang memang sedang melangsungkan tur mereka ke Indonesia. Duo Saraswati terdiri dari Jan Van Der Plass (Cello) dan Kriss Van Der Plass (Piano).

Acara Masterclass tersebut dibuka oleh sambutan Korprodi Pendidikan Musik Ibu Dian Herdiati. Ibu Dian berpesan untuk para peserta masterclass baik yang aktif dan pasif bisa menyerap pengetahuan sebanyak-banyaknya dari pemateri, dalam hal ini Duo Saraswati. Lebih dari itu tentu saja Prodi Pendidikan Musik pun berharap kepada mahasiswa agar bisa menerapkan ilmu yang didapat saat masterclass di dalam perkuliahan maupun di untuk bekal terjun langsung di dunia kerja.

Para peserta aktif masterclass yaitu Michael Wicaksono (Piano) dan Yuna Yunaldi (Cello). Kedua mahasiswa Prodi Pendidikan musik angkatan 2021 dan 2020 tersebut mendapatkan banyak masukan dan ilmu dari kedua pemateri. Bukan hanya tentang teknik bermain, namun juga bagaiamana mengintepretasi sebuah karya, menempatkan “kita” sebagai orang yang sangat berperan dalam konser, dan juga membuat mindset bahwa kita harus menjadi orang yang bertanggung jawab dalam sebuah konser.

Setelah masterclass, Duo Saraswati memainkan beberapa karya vokal seriosa Indonesia yang dimainkan secara instrumental. Hal ini juga merupakan bagian dari tur mereka di Indonesia, karena esok harinya mereka menggelar konser di Erasmus Huis Jakarta.

Kontributor Pendidikan Musik – GR