Kongres Nasional ke-IV Asosiasi Pendidik Seni Indonesia

Pada Jumat, 13 Desember 2019. Para Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik melaksanakan kegiatan dalam menghadiri Kongres Nasional Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) ke-IV yang diadakan di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Koorprodi Pendidikan Musik, Ibu Rien Safrina, merupakan ketua umum Asosiasi Pendidik Seni Indonesia yang menjabat selama empat tahun sejak 2014-2018. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari. Pada Kamis, 12 Desember 2019, mempersiapan kongres yang akan diadakan. Persiapan meliputi administrasi peserta, ruang seminar, persiapan panitia, keterlibatan narasumber, pembuatan kartu anggota, sertifikat, penyusunan buku acara, jumlah kamar peserta, akomodasi, konsumsi, dan lain sebagainya.

Perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta dilakukan melalui jalur darat menggunakan kereta api dengan jadwal keberangkatan pada Rabu, 11 Desember 2019 pukul 21.30 WIB. Para dosen Prodi Pendidikan Musik tiba di Yogyakarta pada Kamis, 12 Desember 2019, pukul 06.00 WIB. Pada hari tersebut, para dosen menyempatkan waktu untuk melepas lelah selama perjalanan dan sejenak bersantai untuk mempersiapkan kondisi fisik dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seminar dengan mengunjungi objek wisata yang dekat dengan lokasi diadakannya seminar.

Setelah beberapa jam melepas lelah dengan mengunjungi beberapa objek wisata, para dosen kembali ke lokasi diadakannya kongres untuk mempersiapkan berbagai hal sampai menjelang esok harinya. Jumat, 13 Desember 2019, Kongres Nasional APSI diadakan dengan beberapa rangkaian acara antara lain registrasi peserta dimulai pukul 12.00 WIB. Pembukaan meliputi laporan ketua APSI, sambutan Wakil Rektor I UNY, penampilan duet gitar, sambutan dan pembicara kunci dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sekaligus membuka acara secara resmi. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi kongres yang disampaikan oleh Kasubdit Seni Media, Direktorat Kesenian, Drs. Tubagus Sukmana, M.Ikom., Dosen Unesa Surabaya, Sekjen APSI dan Ketua Komite Doktor Seni Konsorsium Seni dan Desain, Dr.Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn., serta Dosen ISI Denpasar dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Prof. Dr. Wayan Kun Adyana. Acara Kongres IV APSI 2019 meliputi hiburan musik, pembahasan tata tertib, pembentukan tim presidium, laporan pertanggungjawaban pengurus APSI periode 2014-2018, dimisioner pengurus lama, sidang pleno yang terdiri atas penjaringan bakal calon ketua baru, presentasi calon ketua, pemilihan ketua. Acara berakhir pukul 23.00 WIB. Pada Sabtu, 14 Desember 2019 acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan agenda lanjutan sidang pleno yang meliputi pembacaan pengurus APSI yang baru, Pengesahan Anggaran Dasar APSI, keanggotaan, website APSI, jurnal ilmiah APSI. Acara berakhir pukul 12.00 WIB.