Lokakarya Penilaian dan Evaluasi dalam Pendidikan Berbasis Luaran

Pada tanggal 19 Oktober 2022, program studi Sastra Inggris mengadakan lokakarya berjudul “Assessment and Evaluation in Outcome-based Education”. Lokakarya tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam membuat asesmen dan evaluasi yang disesuaikan dengan luaran mata kuliah yang dijabarkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Sesuai dengan definisi sistem pendidikan berbasis luaran yang menekan pada kemampuan mahasiswa di akhir pembelajaran, maka penilaian dan evaluasi dalam sistem pendidikan tersebut berfokus pada CPL yang diaplikasikan pada revitaliasi kurikulum program studi sesuai dengan capaian tersebut.

Lokakarya tersebut menghadirkan Dr.Ngadiso, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai narasumber yang berpengalaman dalam bidang asesmen dan evaluasi yaitu sebagai asesor senior BAN-PT. Dengan dimoderatori oleh Dwi Linda Kusuma, M.Hum., pelatihan dimulai dengan materi bagaimana cara membuat indikator yang baik untuk melakukan penilaian. Dikatakan oleh Pak Ngadiso bahwa indikator tersebut merupakan titik keberangkatan dari poin-poin penilaian. Dengan dihadiri oleh kurang lebih 20 dosen dari prodi Sastra Inggris pada khususnya dan dosen dari Fakultas Bahasa dan Seni pada umumnya, lokakarya berlangsung secara interaktif dengan memberikan kesempatan bagi dosen-dosen untuk mencoba membuat luaran mata kuliah dengan merumuskan CPMK sesuai dengan indikator-indikator yang sudah disusun dalam sesi latihan.

Dengan terselenggaranya lokakarya tersebut, program studi Sastra Inggris berharap dapat berbenah untuk membuat suatu sistem penilaian dan evaluasi yang lebih baik, terlebih dalam menentukan luaran sesuai dengan karakter sistem pendidikan berbasis luaran.