Masterclass Guitar Classic

Pada Selasa, 7 Mei 2019, pukul 15.00 di Aula S, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan kegiatan Masterclass Guitar Classic oleh Giordano Passini.  Masterclass adalah kegiatan mengundang musisi terkenal atau seseorang yang ahli di bidang musik untuk memberikan pelajaran atau workshop sesuai keahlian yang dimilikinya. Kegiatan ini biasanya berlangsung satu hari. Dalam kegiatan Masterclass terdapat peserta yang digolongkan sebagai peserta aktif dan peserta pasif. Peserta pasif merupakan peserta yang menghadiri workshop namun tidak terlibat langsung dalam proses pengajaran, melainkan hanya menyaksikan kegiatan dari awal sampai akhir, sedangkan peserta aktif merupakan peserta yang terlibat dan berinteraksi secara langsung oleh pelatih atau master yang memberikan pengajaran. Peserta aktif akan memainkan sebuah lagu kemudian dibahas secara mendetail bersama sang master.

Kegiatan Masterclass Gitar Klasik diikuti oleh tiga peserta, dua diantaranya merupakan mahasiswa dari Institut Kesenian Jakarta dan satu peserta merupakan mahasiswa program studi pendidikan seni musik UNJ. Peserta pasif terdiri atas mahasiswa dan beberapa dosen program studi seni musik UNJ. Kegiatan ini resmi dibuka oleh koorprodi pendidikan musik, yang kemudian dilanjutkan kegiatan sampai selesai.

Kegiatan ini juga menghadirkan seorang musisi terkenal yang berasal dari Italia, acara dipandu langsung oleh Giordanno Passini. Giordano Passini, lahir di Bologna pada 1986, dan mulai belajar musik pada usia 12 tahun. Ia mulai dengan piano dan setelah satu tahun beralih ke gitar klasik dengan gitaris dan komposer Cristian Gentilini. Kemudian ia melanjutkan studi gitar dengan Giovanni Maselli, sambil melanjutkan studi teoretis dan analisis musik dengan Gentilini.

Pada 2011, ia lulus di konservatori Refinio Refice, Frosinone, Italia, dan akhir 2011 hadir selama dua tahun sebagai master spesialisasi “Tarrega Guitar Academy” di Pordenone bersama Paolo Pegoraro dan Adriano Del Sal. Pada saat yang sama, ia melanjutkan studinya dengan Giovanni Maselli. Ia memainkan konser di lembaga-lembaga penting dan festival musik termasuk: “Intorno alla Chitarra” Alba (CN), “Incontri chitarristici Acerrani” Acerra (NA), “Festival Paganini” Parma, “Amici della Pieve” Vergato (BO), “Concerti sotto la Luna “Costigliole d’Asti (Asti), Sala Trastevere di Roma,” Invito all’ascolto “Rastignano (BO), Festival Gitar Solarino di Siracusa,” A Passo di Musica “Sasso Marconi (BO), Tienda Ramirez (Madrid, Spanyol), Auditorium San Francisco (Avila, Spanyol), Festival Musik Internasional (Craiova, Romania), Lapangan Pemuda dan Kota Musik (Hong Kong).

Kegiatan Masterclass ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan baik secara praktik maupun teori bagi mahasiswa khususnya program studi pendidikan musik. Selain itu, kegiatan dilakukan untuk menumbuhkan minat belajar melalui pengalaman berinteraksi secara langsung oleh seorang master gitar klasik yang berpengalaman dari Italia.  Kegiatan tersebut menampilkan beberapa repertoar, selanjutnya dibahas teknik permainan, pengaturan tempo dan dinamika, penginterpretasian, dan sikap dalam membawakan repertoar tersebut. Beberapa repertoar diantaranya terdiri atas La Catedral karya Dasri Agustin Barrios Mangore, Prelude No.5, dan Gavotte 1 karya Johann Sebastian Bach.