Webinar HISKI seri 4 “Diskriminasi Ras, Etnik, dan Budaya”

Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang diketuai oleh Ibu Eva Leiliyanti, Ph.D., berhasil menyelenggarakan webinar seri keempat yang bertajuk Diskriminasi Ras, Etnik, dan Budaya dalam Kajian Sastra dan Budaya pada 01 Oktober 2020, pukul 10.00-12.00 melalui Zoom Meetings dan streaming Youtube. Webinar Seri 4 tersebut mengundang narasumber Prof. Diah Arjani Arimbi, Ph.D., guru besar budaya dan gender FIB Universitas Airlangga Surabaya, serta didampingi oleh Ibu Venus Khasanah, S.S., M. Pd., sebagai moderator.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ dan Ketua APBIPA, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd. Setelah sambutan, webinar diambil alih oleh pewara acara yang disambung dengan moderator. Lalu berfoto bersama seluruh peserta dan pengisi acara, dilanjutkan dengan paparan materi oleh pembicara.

Prof. Diah Arjani Arimbi, Ph.D., mendiskusikan perempuan dalam potret budaya, media, serta sastra terutama tentang diskriminasi ras, etnik, dan budaya yang kerap dialami perempuan. Diskrimasi ras atas perempuan dialami sejak dini dalam pola pengasuhan, penguatan sosial dan bahasa, praktik bahasa sehari-hari yang terepresentasi melalui bahasa, atau sejak dini oleh pemprosesan bahasa patriarkat. Setelah pemaparan berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta. Pada sesi tanya jawab, peserta mengajukan pertanyaan dengan sangat antusias.