Setelah dilaksanakan seleksi calon duta dan calon mawapres tingkat prodi, selanjutnya ialah seleksi tingkat fakultas. Para calon duta dan mawapres PBP diwajibkan mengikuti Seminar dan Pelatihan Personal Branding dan Public Speaking dalam rangkaian Sekolah Duta dan Mawapres FBS. Peserta dari PBP antara lain: De Al Farrell, Gathan, Sepha, Jovita, Aufi, Nursyadiva dan Dewinta. Kegiatan dibuka oleh Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.

Kegiatan pertama ialah Seminar dan Pelatihan Personal Branding dengan narasumber Zata Ligouw. Beliau merupakan Praktisi Digital Personal Branding, Content Creator dan Juri Abang None Jakarta Selatan 2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 sesi pada Rabu, 13 dan 20 September 2023 pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan kedua yaitu Seminar dan Pelatihan Public Speaking dengan narasumber M. Syafiul Muktapa atau akrab disapa Kak Uta. Beliau merupakan Certified Trainer BNSP RI, Content Creator dan Founder Bicara Pede Academy. Acara ini dilaksanakan pada Kamis, 14 dan 21 September 2023 pukul 09.00 – 11.30 WIB.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat dari Wakil Dekan 3, Prof. Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. kepada narasumber, serta penyerahan sertifikat kepada moderator dari Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. selaku Ketua Panitia Acara Public Speaking.

Para pembicara yang luar biasa dan menginspirasi mampu membangkitkan semangat para calon duta dan mawapres, khususnya dari PBP untuk dapat bersaing hingga tingkat universitas. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta semakin memiliki personal branding yang kuat dan memiliki skill public speaking yang unggul.

Program Sekolah Duta dan Mawapres di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, adalah langkah penting dalam mendukung perkembangan akademik dan kepemimpinan mahasiswa. Program ini memberikan penghargaan bagi prestasi akademik dan kemampuan berbicara yang luar biasa, sambil mendorong pengembangan kepribadian yang berkualitas. Dengan demikian, program ini tidak hanya mengubah hidup mahasiswa, tetapi juga memberikan kontribusi besar bagi perkembangan budaya, bahasa, dan pendidikan di Indonesia.