Kuliah perdana merupakan momen yang penuh arti dalam kehidupan setiap mahasiswa. Ini adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu dengan harapan, kegembiraan, dan mungkin juga sedikit ketegangan. Kuliah perdana bukan hanya tentang memasuki dunia perguruan tinggi, tapi juga tentang memulai perjalanan pendidikan tinggi yang akan membentuk masa depan mahasiswa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberikan gambaran mengenai kehidupan kampus yang akan dijalaninya nanti yang berisikan materi-materi perkuliahan serta diisi pula oleh pengalaman-pengalaman dari kakak tingkat maupun dosen guna memotivasi siswa dalam belajar.

Kegiatan kuliah perdana dilakukan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, UNJ pada 12 September 2023 dengan tema “Valorisez Vos Compétences Professionnelles avec le Français” yang diisi oleh dua alumni PBP yang menginspirasi, yaitu kak Muhammad Restu Ali, S.Pd dan kak Lusiana Nouriddina, S.Pd selaku narasumber pada acara tersebut. Pada kesempatan ini, Restu dan Lusi selaku narasumber membagikan tips-tips selama perkuliahan dan juga pekerjaan yang dimilikinya saat ini. Acara ini berlangsung dengan interaktif dan penuh antusias dari para peserta dikarenakan pembahasan yang diangkat memberikan gambaran dan inspirasi prospek kerja setelah lulus nanti. Harapannya, semoga Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dapat melahirkan para alumni yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam keterampilan berbahasa prancis.

Kuliah perdana adalah bab yang penting dalam kehidupan mahasiswa. Ini adalah awal dari perjalanan pendidikan tinggi yang akan membawa kita ke berbagai pengalaman, tantangan, dan pencapaian. Dengan sikap yang positif, dukungan dari teman-teman, dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang, kita dapat menghadapi kuliah perdana dengan percaya diri dan menjadikannya fondasi yang kuat untuk masa depan kita.