National University of Singapore (NUS), yang terletak di tengah kota Singapura, menjadi tuan rumah acara penting dalam dunia pendidikan bahasa dan budaya Prancis di wilayah Asia Pasifik pada tanggal 8 hingga 14 Desember 2023 nanti. Kongres Pengajar Bahasa Prancis Se-Asia Pasifik adalah wadah pertemuan dan kolaborasi bagi para pengajar bahasa Prancis dari berbagai negara di kawasan ini yang terdiri dari para pengajar bahasa Prancis dari berbagai universitas, sekolah menengah, pusat bahasa, dan lembaga pendidikan di seluruh Asia Pasifik. Para partisipan memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik dalam pengajaran bahasa Prancis, serta memperkuat jaringan kerjasama antara lembaga-lembaga pendidikan.

Acara ini juga menjadi ajang bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar bahasa Prancis sebagai bahasa asing dan untuk menyempurnakan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, kongres ini juga mendorong terjalinnya kerjasama dan pertukaran akademis antara institusi pendidikan di berbagai negara. Diskusi tentang program pertukaran pelajar, pengembangan kurikulum bersama, dan proyek kolaboratif menjadi bagian dari rangkaian acara. Pertukaran akademis semacam ini memberikan peluang bagi mahasiswa dan pengajar untuk mendapatkan pengalaman internasional, memperluas wawasan mereka, dan meningkatkan pemahaman tentang budaya dan bahasa Prancis di wilayah Asia Pasifik.

Selamat kepada dua dosen aktif Prodi Pendidikan Bahasa Prancis yang telah berhasil lolos seleksi mewakili Indonesia untuk mengikuti Kongres Pengajar Bahasa Prancis se-Asia Pasifik melalui beasiswa Fédération Internationale des professeurs de français (FIPF).