Kunjungan Mahasiswa Sastra Indonesia UNJ ke Badan Bahasa

[easingslider id=”936″]

Pada Selasa, 5 Desember 2017 telah dilaksanakan kunjungan mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2014 ke Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud yang didampingi oleh Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.  selaku dosen pengampu mata kuliah BIPA. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka kuliah lapangan mata kuliah BIPA.

Pada kegiatan ini ada beberapa rangkaian yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Sastra Indonesia angkatan 2014. Rangkaian kegiatan pertama adalah mengunjungi laboratorium kebinekaan dan rangkaian kedua adalah berdiskusi tentang kebahasaan.  Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra di Badan Bahasa ini merupakan laboratorium yang menyajikan informasi tentang kebinekaan bahasa dan sastra di Indonesia.

Seperti dilansir dari labbineka.kemdikbud.go.id,  laboratorium ini menyajikan keberagaman bahasa dan sastra daerah di seluruh Indonesia. Untuk itu, laboratorium ini menampilan beberapa fitur yaitu, (1) peta persebaran bahasa daerah di Indonesia, (2) contoh 200 kosakata dasar Swadesh, yaitu kosakata terkait budaya dasar dari berbagai bahasa daerah di Indonesia, (3) video tuturan sastra lisan, cerita rakyat, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia, (4) pohon kekerabatan bahasa hasil analisis kekerabatan antarbahasa daerah di Indonesia, dan (5) ekspresi dan transkripsi berbagai bahasa daerah di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Program Studi Sastra Indonesia disambut oleh Dr. Joni Endardi selaku pihak dari Badan Bahasa. Kunjungan pun berakhir dengan pemberian cindera mata oleh kediua belah pihak.