Awali tahun 2023 dengan Menyelenggarakan Webinar Bab Teristimewa

Pada hari Sabtu (21/1), mahasiswa baru angkatan 2022 Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ menyelenggarakan kegiatan webinar mengenai kesehatan mental dengan tema “Bab Teristimewa: Aku, Kamu, dan Kita Saling Menjaga”. Kegiatan webinar yang diadakan secara daring melalui Zoom inimenghadirkan dua pembicara, yaitu Anggi Mayangsari, M.Psi yang merupakan dosen Prodi Psikologi UNJ dan Bima Dewanto, S.S., M.Sc. yang merupakan alumni Sastra Indonesia UNJ.

Webinar ini dilaksanakan sebagai luaran dari PKMP yang diselenggarakan oleh BEMP Sastra Indonesia dengan tujuan melatih kepemimpinan mahasiswa baru di Prodi Sastra Indonesia. Selain itu, webinar ini memberikan ilmu mengenai kesehatan mental dari sudut pandang psikologi dan sastra. Tujuan lainnya adalah menyosialisasikan kepada khalayak terutama mahasiswa dan remaja supaya lebih menyadari dan memperhatikan kesehatan mental diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Sebelum acara berlangsung, ketua pelaksana melakukan persiapan dan briefing panitia. pewara membuka acara dengan salam dan membacakan susunan acara. Setelah itu, pewara memimpin penayangan lagu Indonesia Raya. Ketua pelaksana menyampaikan sambutan untuk acara webinar dan dilanjut oleh sambutan dari dosen pembimbing kemahasiswaan Prodi Sastra Indonesia, Sigit Widiatmoko, M.Hum. sekaligus pembukaan. Pewara pun memimpin penayangan musikalisasi puisi pertama.

Selanjutnya, pewara membacakan CV moderator pertama dan menyerahkan kendali acara. Moderator pertama memperkenalkan diri serta membacakan CV pemateri pertama yaitu Anggi Mayangsari, M.Psi dan penyampaian materi webinar sesi pertama dilaksanakan. Setelah pemateri pertama menyampaikan materi, moderator membuka sesi tanya jawab untuk para peserta dan pemateri menjawab pertanyaan yang diajukan peserta. Setelah sesi tanya jawab, moderator menyampaikan kesimpulan materi. Setelah itu, terdapat proses penyerahan sertifikat kepada pemateri dan moderator serta didokumentasikan oleh divisi HPD. Setelah webinar sesi satu dilaksanakan, pewara kembali mengambil alih acara dan memimpin penayangan musikalisasi puisi kedua, serta memimpin kegiatan ice breaking berupa games.

Setelah games dilaksanakan, pewara membacakan CV moderator kedua dan menyerahkan kendali acara. Moderator kedua memperkenalkan diri serta membacakan CV pemateri kedua yaitu Bima Dewanto, S.S., M.Sc. dan penyampaian materi webinar sesi kedua dalam bentuk talkshow dilaksanakan. Setelah pemateri kedua menyampaikan materi, moderator membuka sesi tanya jawab untuk peserta dan pemateri menjawab pertanyaan yang diajukan peserta. Setelah sesi tanya jawab, moderator menyampaikan kesimpulan materi. Setelah itu, terdapat proses penyerahan sertifikat kepada pemateri dan moderator serta didokumentasikan oleh divisi HPD. Setelah webinar sesi dua dilaksanakan, pewara kembali mengambil alih acara.

Sekertaris acara menyebarkan link presensi peserta pada kolom pesan. Kegiatan webinar ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan penutupan oleh pewara. Dengan berakhirnya kegiatan webinar ini, menandakan terpenuhinya tugas dari output PKMP BEMP Sastra Indonesia dan terlatihnya jiwa kepemimpinan mahasiswa baru melalui kepanitiaan pada acara ini. Selain itu, peserta mendapatkan ilmu dan meningkatkan kesadaran mengenai isu kesehatan mental, serta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.