KULIAH UMUM 2022: FAKTA, DATA, DAN LOGIKA DALAM PEMBERITAAN

Di awal minggu bulan Desember ini, pembelajaran di Prodi Sastra Indonesia sedikit berbeda dengan biasanya, karena pada Senin (5/12) dilaksanakan kegiatan Kuliah Umum 2022 yang mengangkat tema “Fakta, Data, dan Logika dalam Pemberitaan”. Tema tersebut diangkat karena terjalinnya kerja sama Prodi Sastra Indonesia dengan Forum News Network (FNN). Kemitraan Prodi Sasindo dengan FNN  membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di media FNN sejak semester 117 tahun 2022. Selain itu, pada kesempatan tersebut Pemimpin Umum dan wartawan senior dari FNN berkenan untuk menjadi pembicara dalam kuliah umum tersebut.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 WIB secara daring dengan dibuka oleh Kooprodi Sastra Indonesia, Erfi Firmansyah, M.A. Kemudian dilanjutkan oleh foto bersama dan penampilan musikalilsasi puisi dari Bengkel Sastra. Lalu pada sesi 1 pukul 11.00 WIB, pembicara pertama yaitu Djoni Djonny Edward selakuk pemimpin Umum FNN menyampaikan materi mengenai Mengelola Media Unggul. Banyak hal disampaikan beliau perihal pengalamannya dalam mengelola sebuah media massa hingga bisa bertahan selama perubahan dari media cetak ke media digital dan menghadapi masa pandemi.

 Walaupun sempat terjadi masalah teknis pada sinyal pembicara, panitia bisa bergerak dengan cepat dan akhirnya bisa melanjutkan acara kembali. Sesi 2 pun dimulai pukul 12.30 WIB setelah rehat sejenak untuk makan siang dan salat. Pada sesi 2 ini, wartawan senior FNN, Hersubeno Arief, berkenan menyampaikan materi mengenai fata, data, dan logika diolah dalam sebuah teks pemberitaan. Beliau menyampaikan pengalamannya selaku wartawan kepada para peserta dari mahasiswa Sastra Indonesia.

Selain mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri para dosen Prodi Sastra Indonesia, perwakilan dari FBS, beberaa koorprodi di lingkungan FBS, dan tamu undangan lainnya. Para peserta antusias mengikuti kegiatan dan aktif bertanya pada sesi diskusi. Semoga kegiatan kuliah umum hari ini dapat membuka wawasan para mahasiswa Sasindo tingkat awal khususnya mengenai duai jurnalistik. Bagi mahasiswa tingkat akhir, kegiatan ini pun diharapkan dapat memberi kesempatan untuk membuka jalan untuk menjadi seorang jurnalis unggul di masa depan.