RAPAT KERJA PRODI SASTRA INDONESIA PERSIAPAN SEMESTER 117 & MEMANTAPKAN KURIKULUM MBKM

Jakarta, 08/08/2022. Akhir Agustus, tepatnya tanggal 29 tahun 2022, kegiatan belajar mengajar semester 117 di Universitas Negeri Jakarta akan dilaksanakan. Untuk mempersipakan semester 117, Prodi Sastra Indonesia melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Program Studi Sastra Indonesia (Prodi Sasindo) di kawasan Sentul City, pada 04-05 Agustus 2022. Selain untuk mempersiapkan perkuliahan di semester 117, raker ini juga dilaksanakan dalam rangka memantapkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Rapat kerja dilaksanakan secara hybrid melaui aplikasi zoom, karena beberapa dosen berhalangan hadir karena harus berada di tempat lain untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Rapat kerja dibuka langsung oleh Koordinator Prodi Sastra Indonesia, Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A..

Di hari pertama, rapat yang dipimpin oleh Dr. Asep Supriyana, M.Pd. dengan topik peninjauan kurikulum Prodi Sassindo. Selain itu, masih di hari pertama, dibahas juga kurikulum untuk mahasiswa baru angkatan 2022, karena  mereka harus sudah menggunakan kurikulum MBKM secara menyeluruh, termasuk di dalamnya memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di luar kampus, dalam bentuk pertukaran mahasiswa, magang, studi independen, KKN, praktik keiwirausahaan, dan kegiatan lainnya.

Di hari kedua, ada dua acara yaitu (1) peninjauan bidang peminatan sastra dan linguitisk dan (2) rencana pembukaan Program Magister Sastra Indonesia. Peninjauan bidang peminatan belum sampai pada keputusan final, karena dilakukan kajian mendalam, terutama identifikasi bidang kajian. Selanjutnya, terkait dengan rencana pendirin Program Mangister Sastra, diisi dengan paparan dari Prof. Dr. Novi Anoegrajekti, M.Hum. Karena banyak hal yang harus dipersipakan dan dipertimbangkan, rapat kerja ini menjadi awal dalam menyusun rencana selanjutnya. (SW)