WEBINAR BASA-BASI: MEMBEDAH KESEHATAN MENTAL PASANGAN DI SEBUAH HUBUNGAN

Pada hari Sabtu, 5 Februari 2022, Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta mengadakan webinar BASA-BASI dengan tema “Healthy Relationship”. Webinar ini dilaksanakan sebagai pemenuhan tugas PKMP mahasiswa baru angkatan 2021. Webinar ini dipanitiai oleh angkatan 2021 prodi Sastra Indonesia, acara ini dilaksanakan dengan mengundang dosen-dosen Prodi Psikologi dan Sastra Indonesia dari Universitas Negeri Jakarta, yaitu Dr. Susi Fitri, M.Psi.Kons dan Dr. Irsyad Ridho, M.Hum sebagai pemateri. Webinar ini dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Cloud Meeting dan dihadiri oleh 107 peserta.

Webinar dibuka oleh Syara Az Zahra dan Firjadilla Awandani sebagai pewara, kemudian dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Arrneto Bayliss. Selanjutnya acara disambung dengan penampilan musikalisasi puisi oleh kelas 1 SI 2 dan 1 SI 1. Lalu setelah pembukaan yang telah ditampilkan, acara utama dimulai dengan materi inti webinar yaitu membedah film romansa remaja berjudul Posesif yang dipantik oleh Dr. Irsyad Ridho, S.Pd., M.Hum. dan Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons dengan moderator Yalsa Awalita. Pada pembahasan yang dibawakan oleh pemantik bisa dilihat ada 2 pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan secara psikologi oleh Ibu Susi dan sastra oleh Bapak Irsyad. Walaupun melakukan 2 pendekatan yang berbeda, Ibu Susi dan Bapak Irsyad memaparkan materi dengan arah yang sama yaitu bagaimana peranan keluarga bisa membentuk kepribadian anak. Anak yang dibentuk itulah nantinya akan mempunyai pengaruh ketika berada di lingkungan sosial terutama ketika mempunyai hubungan dengan seseorang.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan penampilan musikalisasi terakhir oleh kelas 1 SI 3. Di penghujung acara dilakukan penyerahan sertifikat kepada moderator dan bintang tamu. Lalu acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta webinar. Dengan dilaksanakannya acara webinar Basa-Basi ini, diharapkan para mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta beserta para peserta mendapatkan kesadaran bagaimana posisi mereka dan peran mereka ketika dihadapkan masalah kompleks di satu relasi.