PKKMB PRODI SASTRA INDONESIA 2021 BERLANGSUNG VIRTUAL DI ERA PANDEMI

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung selama hampir dua tahun, terhitung sejak bulan maret tahun 2020. Selama itu pula, Universitas Negeri Jakarta mengalihkan pertemuan perkuliahan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka menjadi tatap muka virtual melalui fitur aplikasi digital. Seluruh kegiatan beralih ke dunia digital dari mulai urusan administrasi, kegiatan belajar mengajar, kegiatan UKM, hingga kegiatan pengenalan kehidupan kamus untuk mahasiswa baru. Pengalihan medium pertemuan ini untuk mencegah penyebaran virus corona diantara seluruh masyarakat UNJ.

Pengalihan ruang pertemuan dari yang semula dilakukan konvensial menjadi virtual tak menyulutkan masyarakat UNJ untuk mengadakan suatu kegiatan. Masyarakat UNJ justru beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Segala aktivitas kampus dikreasikan sekreatif mungkin agar bisa dilaksanakan secara virtual. Salah satu kegiatan rutin tahunan, PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) kini beralih ke media digital. Acara tahunan ini telah dikreasikan agar bisa dilaksanakan secara virtual. Seluruh kegiatan berlangsung melalui pemanfaatan ruang tatap muka virtual seperti aplikasi zoom.

Baru-baru ini, Prodi Sastra Indonesia telah melaksanakan kegiatan PKKMBP (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Prodi) pada tanggal 20 Agustus 2021. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kehidupan kampus khususnya Prodi Sastra Indonesia kepada mahasiswa baru. Kegiatan yang berlangsung selama hampir sembilan jam ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Sebelum dilaksanakan acara pada hari Jumat tersebut, sebelumnya telah dilaksanakan acara Pra-PKKMBP pada tanggal 15 Agustus 2021, acara ini dimaksudkan untuk mempersiapkan kesiapan mahasiswa baru dalam menghadapi rangkaian acara PKKMB.

Kegiatan diawali dengan pengondisian peserta oleh panitia untuk selanjutnya dipersiapkan untuk mendengarkan pembukaan dan sambutan dari panitia, pembimbing BEM Prodi, hingga sambutan dari Koordinator Prodi Sastra Indonesia, Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A. Pada sesi pertama Koorprodi menyampaikan materi Pengenalan Prodi dan Kurikulum. Dalam sesi tersebut, para dosen Sastra Indonesia tampak hadir dan menyapa para mahasiswa baru. Acara kemudian dilanjutkan dengan materi pengisian KRS yang dibawakan oleh perwakilan BPH BEMP, kegiatan ini memberikan pengarahan kepada mahasiswa baru cara untuk mengisi KRS. Acara lalu dilanjutkan dengan materi ‘Menjaga Produktivitas Mahasiswa Sastra Indonesia pada Masa Pandemi’ yang disampaikan oleh Dr. Helvy Tiana Rosa, M.Hum. Acara lalu ditutup tepat pada pukul 15:30 WIB. (Nafisatul Umah)