PAGELARAN APRESIASI DRAMA DI GEDUNG KESENIAN JAKARTA

[easingslider id=”1791″]

Pada Kamis, 05 Desember 2019 telah berlangsung dengan sukses pementasan teater berjudul “Klinik Jiwa”. Pementasan ini diselenggarakan Teater Kenal yang merupakan para mahasiswa Prodi Sastra Indonesia angkatan 2017. Pementasan ini pun menjadi luaran (output) dari mata kuliah Apresiasi Drama yang diampu Bapak Dr. Irsyad Ridho, S. Pd., M. Hum. Acara yang bertempat di Gedung Kesenian Jakarta ini, dihadiri oleh keluarga besar Prodi Sastra Indonesia, beberapa komunitas teater seperti Teater Keliling, Teater Zat, Bengkel Sastra, serta khalayak umum.

Pementasan teater ini mengambil naskah drama “Klinik Jiwa” karya Rudolf Puspa yang kemudian disadur oleh Aldiansyah Febrian sebagai sutradara. Naskah “Klinik Jiwa” mengisahkan kehidupan di sebuah rumah sakit jiwa yang ternyata banyak menyingkap kejujuran tentang realita kehidupan. Teater kenal memilih naskah ini karena ceritanya cukup relevan dengan keadaan masyarakat era ini, teater satu babak yang mempermudah artistik, dan penulis naskah memiliki hubungan dekat dengan sutradara.

Selama proses persiapan hingga pementasan, tim penyelenggaran mengalami berbagai kendala, seperti pemilihan tempat Gedung Kesenian Jakarta (GJK) yang prosedurnya cukup rumit. Selain itu, pemilihan naskah juga memakan waktu cukup panjang karena banyak yang harus dipertimbangkan. Pembagian divisi cukup sulit dilakukan, mengingat banyak jumlah anggota. Bahkan, pada hari H masih ada hal yang belum rampung. Akan tetapi, berkat kekompkan semua tim, kendala-kendala tersebut dapat ditangani dengan baik. Pemenatasan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut cukup kondusif dan mendapat kesan baik dari para penonton.