MENEBAR KASIH MELALUI BAKTI SOSIAL

[easingslider id=”1643″]

Pada Sabtu, 02 November 2019, mahasiswa Prodi Sastra Indonesia melakukan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Santunan Keluarga Muhammadiyah & Aisyiyah.  Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya telah terlaksana dengan baik. Pada tahun ini, kegiatan tersebut mengangkat tema “Menebar Kasih, Menanam Cinta, Menumbuhkan Kasih Sayang” yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan sikap peduli terhadap sesama. Program ini memiliki jargon PEDULI “Pelukan dari hati untuk lingkungan panti”.

Kegiatan ini diawali dengan briefing panitia yang dipimpin oleh Anggun Nuke Arsita selaku Koordinator Divisi Acara. Setelah briefing, panitia segera mempersiapkan keberangkatan menuju tempat kegiatan yang berlokasi di Jl. Rakem 2, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Sebanyak 26 anak panti beserta para pengurus panti menyambut baik kedatangan panitia bakti sosial saat tiba di lokasi. Acara dilaksanakan di lantai dua yang merupakan aula panti tersebut. Setelah pengkondisian keadaan, MC membuka acara pada pukul 09.15 WIB. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ainun Syafira dan saritilawah oleh Juju Junengsih. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Rachmat Wardana selaku ketua pelaksana acara, Bapak Hambali selaku pengurus panti, dan Kak Isnaini selaku sekretaris yang mewakili ketua BEMP Sastra Indonesia.

Selanjutnya, panitia dari divisi acara mengisi rangkaian acara. Diawali dengan materi mengenai pengenalan literasi kepada anak-anak panti oleh Eka Salma, Ferdian Arif, dan Salma Athira. Selain memberikan materi, panitia juga menampilkan sebuah cerpen dan mengajak anak-anak panti untuk ikut aktif serta dalam penampilan. Tidak hanya itu, panitia juga memberikan hadiah bagi anak panti yang berani tampil ke depan sebagai bentuk apresiasi dari panitia. Setelah materi selesai, MC menyelingi acara dengan bermain tebak-tebakan dan games. Selain itu,  ada juga penampilan baca puisi karya Cak Nun dan puisi karya Chairil Anwar oleh Akhyar, sekaligus memberikan contoh pembacaan puisi kepada anak-anak panti. Pada kesempatan tersebut, anak-anak panti diberi kesempatan untuk tampil membacakan puisi karya mereka masing-masing yang dilanjutkan dengan pemberian bingkisan bagi anak panti yang tampil. Terakhir, acara pun ditutup dengan agenda makan bersama pada setelah salat zuhur. Sesi pemberian bingkisan secara simbolik dari panitia yang diwakili oleh ketua pelaksana, Rachmat kepada pihak panti yaitu Bapak Hambali.