KEIKUTSERTAAN DOSEN PRODI SASTRA INDONESIA DALAM SEMINAR DAN LOKAKARYA SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS (SFL)

[easingslider id=”1392″]

Pada tanggal 29 – 30 Juli 2019, Ibu Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum., Bapak Sigit Widiatmoko, M.Hum., dan Ibu Aulia Rahmawati, M.Hum. mengikuti seminar dan lokakarya dengan tema “Pendekatan Systemic Functional Linguistics untuk Pengembangan Critical Literacy”. Selain dosen Prodi Sastra Indonesia yang memiliki keilmuan di bidang linguistik, turut hadir pula Ibu  Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. selaku koorprodi. Kegiatan yang diselenggarakan hasil kerja sama antara Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Prodi Magister Linguistik Terapan ini berlangsung di Aula Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A.,  selaku Direktur Pascasarjana UNJ serta Ibu Eva Leliyanti, M.A., Ph.D. selaku Koorprodi Magister Pendidikan Bahasa sekaligus Prodi Magister Linguistik Terapan. Hadir dua pembicara yang ahli dibidang SFL. Pemateri pertama adalah Prof. Emi Emilia, M.Ed., Ph.D. yang menyampaikan tentang Critical Thinking, Critical Literacy, Critical Pedagogy, Systemic Functional Linguistics. Beliau merupakan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia yang juga menjabat ketua Asosiasi Systemic Functional Linguistics Indonesia (ASFLI). Pemateri kedua adalah Bu Siti Wachidah, Ph.D. yang merupakan dosen Linguistik  Terapan dan Pendidikan Bahasa UNJ. Selain memberikan materi perihal SFL, Bu Siti Wachidah membimbing peserta dalam workshop untuk dapat menganlisis teks dalam lingkup SFL. Beberapa peserta memang baru mengetahui tentang SFL, bahkan salah satu diantaranya seorang dosen hukum.

Pada sesi akhir, para panitia dan peserta bersepakat untuk membentuk organisasi  Asosiasi Systemic Functional Linguistics Indonesia cabang JABODETABEK. Diputuskan pula pada saat itu kepengurusannya, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, dan beberapa koordinator. Diharapkan melalui organisasi ini para ahli bahasa (linguistik) dapat berbagi ilmu dan meningkatkan kompetensi diri khususnya di ranah Systemic Functional Linguistics. (sw)