MAHASISWA SASTRA INDONESIA MENJADI FINALIS MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL 2019

[easingslider id=”1332″]

Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta, Bima Dewanto, dinyatakan lolos menjadi finalis Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Nasional 2019. Bima bersama 15 finalis yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia akan berjuang atas nama kampus masing-masing pada tanggal 23 – 26 Juli 2019, di Institut Pertanian Bogor. Mahasiswa angkatan 2016 ini mendaftarkan karya tulis ilmiahnya “Model Aplikasi Permainan Digital Alkisah sebagai pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan bagi Siswa Sekolah Dasar di DKI Jakarta” yang sebelumnya menang di tingkat fakultas dan universitas. Keberhasilannya sampai tahap universitas ada peran dosen pembimbingnya, yaitu Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum.

Mahasiswa yang juga anggota Bengkel Sastra UNJ ini menuturkan bahwa karya tulis ilmiahnya terinspirasi dari 17 poin tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goal) Perserikatan Bangsa-Bangsa. Salah satu poinnya adalah pengembangan pendidikan. Sebagai mahasiswa Sastra Indonesia yang erat kaitannya dengan literasi, Bima pun mengangkat cerita rakyat sebagai literasi budaya untuk dibuat menjadi sebuah permainan digital. Hal ini karena permainan digital sangat digemari kalangan generasi muda di era industri 4.0.

Dalam persiapan menjelang acara pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional, Bima selalu menjalin komunikasi dan konsultasi kepada dosen pembimbing. Ia terus berlatih bagaimana menyajikan dan menyampaikan ide dan gagasannya tersebut, serta mengasah terus kemampuan public speaking. Kita semua mendukung dan mendoakan Bima untuk berjuang di ajang Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2019. Selamat berjuang! (sw)