KONSER KESUNYIAN: SATU HARI BERSAMA PUISI

[easingslider id=”1259″]

Pada Jumat, 3 Mei 2019 Prodi Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Negeri Jakarta berkerja sama dengan Bengkel Sastra (Bengsas) dan penerbit buku Bitread menggelar acara Konser Kesunyian: Satu Hari Bersama Puisi. Acara tersebut diselenggarakan di Aula Gedung Ki Hajar Dewantara lantai 9, Universitas Negeri Jakarta. Karena terbuka untuk umum, selain pihak internal prodi, tampak hadir pula sutradara film 212: The Power of Love, Jastis Arimba, serta beberapa orang guru dan siswa SMA Labschool Jakarta.

Acara konser musikalisasi puisi tersebut diawali dengan peluncuran dan diskusi buku Puisi-Puisi yang Melepuh di Matamu karya Sastrawan sekaligus dosen Sasindo, Bunda Helvy Tiana Rosa. Acara diskusi ini menghadirkan beberapa pembicara, yaitu Dr. Miftakhulkhairah Anwar, M.Hum. selaku dosen Sasindo, Bunda Helvy Tiana Rosa selaku penulis buku, serta Adhin Abdul Hakim selaku bintang tamu dan pemeran dalam film 212: The Power of Love. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek berjudul Gadis Kecil yang terinspirasi dari kisah masa kecil Bunda Helvy. Di acara puncak, penonton/pengunjung dapat merayakan puisi dengan menikmati persembahan berupa pembacaan puisi dan musikalisasi puisi. Dalam hal ini, para anggota Bengsas menunjukan kepiawaiannya. Para dosen Sasindo pun ikut berpuisi ria di atas panggung. Mas Adhin Abdul Hakim, sebagai bintang tamu, tak mau kalah untuk ikut membacakan salah satu puisi dalam buku Puisi-Puisi yang Melepuh di Mataku.

Acara yang berlangsung pukul 13.00 – 18.00 WIB dibuka langsung oleh Koorprodi Sasindo, Ibu Siti Gomo Attas. Kemudian, Ibu Anita Hairunnisa, CEO Bitread, yang menerbitkan buku Puisi-Puisi yang kMelepuh di Mataku berkenan pula memberikan sambutannya. Dalam sambutanya, kedua belah pihak, Prodi Sasindo dan Penerbit Bitread, berharap dapat menjalin kerja sama yang baik serta berkelanjutan. (sw)