KULIAH ENTERPRENEUR BAHASA: BAHASA SEBAGAI BAGIAN DARI INDUSTRI KREATIF

[easingslider id=”1064″]

Siapa bilang  bahasa tidak bisa menghasilkan uang?  Bahasa merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia, termasuk dalam kehidupan perekonomian. Akan tetapi, sisi mana dari bahasa yang dapat kita manfaatkan untuk kehidupan perekonomian?

Dalam kuliah Enterpreneur Bahasa yang diampu oleh Prof. Dr. Dendy Sugono, dijelaskan bahwa bahasa dapat menjadi bagian dari dunia perekonomian.  Dari perspektif perekonomian, bahasa didudukkan ke dalam dua jenis:  pertama   sebagai daya dukung, kedua  sebagai basis bahasa. Sebagai daya dukung, bahasa  dimaknai sebagai alat atau media promosi yang menempatkan produk sebagai bagian utama dalam sebuah penjualan. Selanjutnya, sebagai dasar atau basis sebuah industri, bahasa menjadi bagian utama yang dipromosikan

Kuliah yang diikuti oleh kelas 4 konsentrasi linguistik ini dilaksanakan selama satu semester, September—Desember  Tahun Akademik 2017/2018. Enterpreneur Bahasa termasuk mata kuliah baru di Program Studi Sastra Indonesia yang pelaksanaannya terealisasi di semester ini.  Harapan dari dilaksanakannya mata kuliah ini adalah agar wawasan mahasiswa terbuka untuk menangkap peluang di dunia industri kreatif.