Kegiatan PKM Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Agam Membantu Kesiapan Guru Menghadapi Kurikulum Merdeka

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MBPIng) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M) pada hari Jumat, 4 Agustus 2023 secara daring melalui aplikasi Zoom. Yang bertindak sebagai pemateri pada kegiatan P2M ini adalah para dosen MPBIng seperti Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd., Dr. Ifan Iskandar, M. Hum., Prof. Dr. Muchlas Suseno, M.Pd., Dr. Ratna Dewanti, M.Pd., Dr. Sri Sumarni, M.Pd., Dr. Darmahusni, M.A., Dr. Li. Rizdika Mardiana, M.Pd. serta beberapa mahasiswa MPBIng angkatan 2021 dan 2022. Adapun peserta kegiatan P2M ini adalah guru-guru MGMP bahasa Inggris tingkat SMP di Agam Barat dan Agam Timur. Kegiatan P2M ini merupakan kelanjutan dari kegiatan P2M tahun lalu yang mengangkat tema ‘Perancangan Materi Ajar Bahasa Inggris dengan Metode Pembelajaran Microlearning dan terinfusi keterampilan abad ke-21 dalam kurikulum Merdeka’. Jika tahun lalu kegiatan P2M difokuskan pada perkenalan materi ajar bahasa Inggris dengan metode pembelajaran mirolearning, maka tahun ini kegiatannya difokuskan pada pendalaman tema yang sama sampai kepada perancangan medium of microlearning object (MeMO). Adapun materi yang disampaikan kepada guru-guru MGMP bahasa Inggris tingkat SMP merupakan hasil penelitian dosen-dosen bersama para mahasiswa MPBIng yang tergabung dibawah payung penelitian program studi. MPBIng.

 

Dengan diadakannya kegiatan P2M ini, guru-guru bahasa Inggris diharapkan mampu menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan di masa sekarang maupun masa mendatang dalam mempersiapkan materi ajar terutama dalam kaitannya dengan kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, pemateri pertama bapak Dr. Ifan Iskandar, M. Hum. Memberikan gambaran secara umum bagaimana capaian pembelajaran dalam kurikulum Merdeka dan capaian pembelajaran dalam Common European Framework of Reference (CEFR) dikombinasikan dalam alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris untuk level SMP. Pembahasan materi mengenai kombinasi keduanya dilanjutkan dalam keterampilan berbicara yang disampaikan oleh Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd., keterampilan membaca yang disampaikan oleh Dr. Sri Sumarni, M.Pd, keterampilan menulis yang disampaikan oleh Dr. Ratna Dewanti, M.Pd., dan keterampilan tata bahasa (leksikogramatika) yang disampaikan oleh Dr. Li. Rizdika Mardiana, M.Pd. Materi disampaikan secara estafet dari pukul 14.00 sampai pukul 16.30 WIB. Pemateri pada kegiatan P2M kali ini tidak hanya dari para dosen MPBIng namun juga dari para mahasiswa MPBIng yang telah mempunyai pengalaman dalam pembuatan MeMO sehingga mereka dapat memberikan memperagakan cara pembuatan masing-masing MeMO kepada para peserta. Materi yang dijelaskan dilengkapi dengan contoh-contoh MeMO yang dirancang sebagai hasil dari penelitian para dosen MPBIng adalah virtual reality, podcast, infographic, interactive games, dan PDF interactive. Masing-masing MeMO telah dilengkapi dengan script sehingga dapat langsung dicoba untuk digunakan oleh para guru. Kelanjutan dari kegiatan ini adalah interaksi para guru dan para dosen MPBIng melalui platform Google classroom yang telah disiapkan oleh masing-masing pemateri.

 

Respon guru-guru bahasa Inggris di Agam Barat dan Timur atas kegiatan P2M ini sangat baik ditunjukkan dari perhatian yang diberikan pada saat para pemateri menjelaskan masing-masing materi. Di samping itu, para guru pun menyadari bahwa untuk menerapkan materi yang sudah diberikan pada kegiatan ini ke dalam pengajaran bahasa Inggris di kelas masing-masing, mereka perlu meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan demikian, perlu diadakan pelatihan guru sebagai kelanjutan dari kegiatan P2M ini. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas materi ajar dalam bentuk digital dan kualitas pengajaran sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik serta capaian pembelajaran dapat diraih.

 

Link berita online di kompasiana:

https://www.kompasiana.com/rizdikamardiana5893/64d1bbf5633ebc62064db192/kegiatan-pkm-magister-pbing-membantu-kesiapan-guru-menghadapi-kurikulum-merdeka