Diskusi Ilmiah: Penelitian Bahasa dan Pendidikan Bahasa Dalam Perkembangan Mutakhir Dunia Pendidikan

Pada tanggal 26 Juni 2023 Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBIng), Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta menggelar acara diskusi ilmiah yang bertema ‘Penelitian Bahasa dan Pendidikan Bahasa dalam Perkembangan Mutakhir Dunia Pendidikan’ secara luring yang  bertempat di Gedung Dewi Sartika lantai 3. Acara ini dihadiri oleh dosen-dosen PMPBI yaitu Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd., Dr. Ifan Iskandar, M. Hum., Prof. Dr. Muchlas Suseno, M.Pd., Dr. Ratna Dewanti, M.Pd., Dr. Sri Sumarni, M.Pd., Dr. Darmahusni, M.A., Dr. Li. Rizdika Mardiana, M.Pd. serta para mahasiswa MPBIng. Diskusi ilmiah ini diadakan untuk memberikan inisiasi kepada mahasiswa yang akan melakukan penelitian dan menulis tugas akhir (tesis) di semester ganjil yang akan dimulai di bulan September 2023. Acara diawali dengan sambutan dari Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. selaku Koorprodi PMPBI dan langsung dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Ifan Iskandar, M. Hum. Pada kesempatan ini, pemateri menyajikan empat topik diskusi utama yaitu pedagogi abad ke 21; pemelajaran, pengajaran, dan pembelajaran dalam penelitian; pendekatan, metode, dan teknik: apa dan bagaimana; serta merancang penelitian bahasa dan pendidikan bahasa.

 

Pada topik pertama, pemateri menitikberatkan pada pentingnya pemahaman mahasiswa terhadap teori yang berfungsi untuk menjelaskan peristiwa dan fakta; ciri yang bersama dengan teori mampu mendorong kreasi dan inovasi; serta contoh yang akan mendorong adaptasi dan duplikasi sebelum memformulasikan penelitian bahasa dan pendidikan bahasa. Ketiganya merupakan pondasi dalam merancang penelitian bahasa dan pendidikan bahasa yang akan menjadi tugas akhir mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk mampu memahami konsep pengajaran, pemelajaran, dan pembelajaran serta perbedaan diantara ketiganya sebagai dasar pengetahuan dalam penelitian bahasa dan pendidikan bahasa dimana teori belajar dan mengajar dibedakan berdasarkan aliran (behaviorisme, cognitivisme, constructivisme, humanism, dan connectivisme), konteks dan media pembelajaran yang menjadi muara dari ketiganya.

 

Setelah mahasiswa memahami konsep belajar dan mengajar dengan aliran, konteks dan media yang berbeda-beda, pemateri menjelaskan kaitan antara pemelajaran, pengajaran dan pembelajaran dalam penelitian berdasarkan KKNI level 8 maupun European Qualification Framework level 7 yang menjadi standar capaian pembelajaran lulusan S2 di Indonesia dan di dunia. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui tuntutan hasil penelitian serta kompetensi yang didapatkan setelah lulus dari MPBIng. Pada akhirnya, mahasiswa diajak untuk mampu berpikir kritis untuk membumikan teori-teori yang telah dijelaskan dalam kerangka dan rancangan penelitian bahasa dan pendidikan bahasa yang akan menjadi jawaban atas tren-tren permasalahan yang akan hadir di masa depan.

 

Acara diskusi ini nantinya akan dilanjutkan dengan diskusi penelitian yang lebih mendalam dan rinci yang bertujuan untuk merancang penelitian masing-masing mahasiswa sesuai dengan topic penelitian payung yang akan disiapkan oleh MPBIng.

 

Link berita online di kompasiana:

 https://www.kompasiana.com/rizdikamardiana5893/64a274a84addee4a22252c82/diskusi-ilmiah-untuk-mengawali-tahapan-penulisan-tesis-bagi-mahasiswa-magister