Tahap akhir dalam perjalanan akademis seorang mahasiswa adalah sidang skripsi. Ini adalah momen penting yang menjadi tonggak bagi para mahasiswa untuk mengukir prestasi dan membuktikan pemahaman serta kompetensi mereka dalam bidang studi yang telah ditekuni. Sidang skripsi bukan hanya ujian akademis, tetapi juga ujian ketangguhan, pengetahuan, dan kemampuan berbicara di depan publik.

 

Sidang skripsi adalah puncak perjalanan akademis yang memungkinkan mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada dosen penguji dan anggota komite. Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk membuktikan bahwa mereka telah menguasai materi yang telah dipelajari selama bertahun-tahun dan mampu menerapkan pengetahuan tersebut dalam penelitian yang orisinal. Selain itu, sidang skripsi juga merupakan sarana untuk menguji kemampuan berbicara di depan umum, berargumentasi, dan menjawab pertanyaan dengan lugas dan yakin.

Kegiatan ini telah dilakukan di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Universitas Negeri Jakarta pada 15-16 Agustus 2023. Beberapa mahasiswa yang mengikuti sidang diantaranya: Aqiyla Ulayya, Sylvia Balqis, Arnita Dewi. F, Dinda Zahra F., Maria Clara J., Siti Aisyah, dan Nurlita Fitriah. Sidang skripsi di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, UNJ, bukan hanya sekadar proses akademis rutin. Ini adalah ajang bagi para mahasiswa untuk menunjukkan bahwa mereka siap melangkah keluar sebagai individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang bahasa Prancis dan didukung oleh penelitian orisinal.

 

Sidang skripsi di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Universitas Negeri Jakarta, mewakili akhir perjalanan akademis yang menuntut, tetapi sangat bermakna. Ini adalah bukti konkrit bahwa mahasiswa telah menguasai bidang studi mereka dan siap untuk menghadapi dunia profesional. Dengan persiapan yang matang, dukungan dosen, dan semangat belajar, setiap mahasiswa dapat menghadapi sidang skripsi dengan percaya diri dan meraih hasil yang membanggakan.