UJIAN SKRIPSI DAN KOMPRE MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS

Usaha keras setelah beberapa waktu menyelesaikan skripsi rasanya terbayar apabila mahasiswa sampai pada tahap ujian skripsi dan kompre. Ujian menjadi saat yang dinanti setelah berjuang keras menyelesaikan segala proses panjang pembuatan skripsi/kompre. Skripsi/kompre adalah tanggung jawab para mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya. Tidak hanya mahasiswa yang merasa bangga atas terselesaikannya karya tulis tersebut, para dosen pun merasa bangga melihat keberhasilan para mahasiswa bimbingannya dapat segera wisuda dan melanjutkan perjuangan kembali di luar kampus, baik untuk bekerja maupun melanjutkan studinya.

Di UNJ sendiri, waktu pelaksanaan wisuda diadakan dua kali dalam satu tahun akademik, yaitu pada bulan Maret dan September. Untuk dapat mengikuti wisuda di bulan September 2019, para mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) melaksanakan ujian skripsi/kompre di minggu kedua dan ketiga bulan Agustus yaitu mulai dari Senin s.d. Kamis, 5 s.d 15 Agustus 2019. Ujian yang dilaksanakan selama 90 menit tersebut terbagi menjadi 4 sesi, yaitu pukul 08.30-10.00, 10.00-11.30, 13.00-14.30, dan 14.30-16.00 WIB.

Seluruh dosen berpartisipasi baik menjadi ketua penguji, sekretaris penguji, maupun penguji 1 dan penguji 2 tergantung dari jadwal yang diberikan prodi. Ada 21 mahasiswa yang mengikuti ujian skripsi dan kompre pada waktu tersebut dan berhasil lulus dengan nilai bervariasi tergantung dari berbagai aspek yang dinilai, utamanya adalah keunikan tema skripsi/kompre, presentasi hasil penelitian dari mahasiswa, dan penguasaan hasil penelitian yang tampak dari mampu atau tidaknya mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen menggunakan bahasa Prancis. Bravo chers étudiants! (yl)