Sastra Indonesia UNJ Masuk 4 Besar BAN PT

Sastra Indonesia UNJ

Di tengah semakin banyaknya mahasiswa yang berminat mempelajari budaya dan bahasa asing, ternyata hal itu tidak menyurutkan eksistensi jurusan sastra Indonesia di sejumlah kampus di Indonesia.

Buktinya, dalam berbagai seleksi penerimaan mahasiswa baru, sejumlah perguruan tinggi yang memiliki jurusan program studi (Prodi) Sastra Indonesia ini selalu diminati.

Berikut adalah 5 nama kampus terbaik untuk memperdalam studi Sastra Indonesia, sesuai peringkat akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

  1. Universitas Diponegoro (Undip)

Berdiri sejak 9 Januari 1957, kampus yang dibidani Soedarto, Dan Soelaiman, Soesanto Kartoatmojo dan Bardjo ini membuktikan kualitas mereka selama lebih dari lima dekade. Bahkan, akreditasi A pada prodi Sastra Indonesia sudah dikantongi Undip sejak 2008.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu kampus kebanggaan negeri ini juga menjadi kampus yang memiliki prodi Sastra Indonesia terbaik. Almamater Presiden RI Joko Widodo ini meraih akreditasi A pada prodi Sastra Indonesia sejak 2009.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus hijau di Indonesia ini juga menjadi rumah bagi mahasiswa pecinta Bahasa dan Sastra Indonesia. Eksistensi prodi tersebut di UI dikukuhkan dengan meraih akreditasi A sejak 2013.

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Tidak hanya mencetak calon guru, kampus yang berdiri sejak 1964 ini juga unggul dalam prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. UNJ meraih akreditasi A pada prodi tersebut sejak tahun lalu.

  1. Universitas Sanata Dharma

Universitas katolik yang berada di Yogyakarta ini menjadi satu-satunya kampus swasta yang memiliki prodi Bahasa dan Sastra Indonesia terbaik. Kampus ini mengantongi akreditasi A pada prodi tersebut dari BAN-PT sejak 2013.

(batampos.co.id)