SOSIALISASI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA (PUEBI)

SOSIALISASI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA (PUEBI).
AYO, TERTIB BERBAHASA INDONESIA BERSAMA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA

SOSIALISASI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA

Jumat, 3 Juni 2016, bertepatan dengan 14 tahun Program Studi Sastra Indonesia berdiri, diadakan kegiatan “Sosialisasi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia”. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama 3 lembaga: Program Studi Sastra Indonesia FBS UNJ , Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ, dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Republik Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya sekadar bertujuan memberi informasi kepada masyarakat luas tentang perubahan pedoman ejaan, tetapi juga untuk membangun kesadaran tentang pentingnya tertib berbahasa.

Civitas akademika menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Hal ini terlihat dari membludaknya peserta. Kurang lebih 400 peserta memenuhi Aula Maftuhah Yusuf, terdiri dari dosen, mahasiswa, guru, dan pegiat media.  Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor IV UNJ, Dr.Achmad Ridwan, lalu dilanjutkan dengan sambutan Dekan FBS UNJ, Prof. Dr. Aceng Rahmat,M.Pd dan sambutan  ketua panitia, Venus Khasanah, M.Pd.

Kepala Bidang Pemasyarakatan Bahasa, Drs. Mustakim, M.Hum., yang bertindak sebagai pemateri, menegaskan bahwa ada beberapa perubahan yang berkaitan dengan Ejaan Umum Pedoman Bahasa Indonesia, diantaranya perubahan bunyi e, penulisan reduplikasi, dan penertiban sistem serapan kosakata dari bahasa Arab. Ulasan materi ini dipandu oleh Ketua APBIPA, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.  Semoga kegiatan ini dapat membangun kesadaran civitas akademika UNJ untuk selalu tertib berbahasa.