Proses pendidikan di perguruan tinggi tidak hanya sebatas mengasah keterampilan akademis, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis(PBP) telah mengambil langkah yang inovatif, tidak hanya mengasah kemampuan bahasa Prancis mahasiswa hingga level B2, kini mahasiswa juga dituntut untuk bisa memiliki peluang usaha melalui Mata Kuliah Kewirausahaan.

Selain keterampilan bahasa yang sangat penting, mahasiswa PBP UNJ juga diajarkan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib dalam kurikulum mereka. Mengapa kewirausahaan? Karena wirausaha adalah pionir yang memiliki potensi untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan baru. Pemahaman dasar tentang bagaimana memulai, mengelola, dan mengembangkan bisnis sangat penting dalam era globalisasi ini. Di abad ke-21, kewirausahaan bagi mahasiswa memiliki relevansi yang semakin besar. Kemampuan untuk berpikir kreatif, berinovasi, dan mengelola resiko menjadi lebih penting daripada sebelumnya dalam dunia yang terus berubah dengan cepat.

Gabungan antara kemampuan bahasa Prancis yang kuat dan pemahaman tentang kewirausahaan memberikan mahasiswa PBP UNJ peluang karier yang sangat fleksibel. Mereka dapat menjadi pengajar bahasa Prancis, penerjemah, penulis, atau pebisnis yang berdagang dengan negara-negara berbahasa Prancis. Bahkan, mereka dapat menggabungkan kemampuan mereka dalam dua bidang ini untuk mengembangkan bisnis yang berfokus pada layanan bahasa atau budaya Prancis.

Hal tersebut melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan kewirausahaan oleh mahasiswa PBP angkatan 2021 yang terdiri atas 8 kelompok. Pada pertemuan ke-8, dilaksanakan UTS sekaligus pengenalan prototype produk mereka. Para mahasiswa banyak yang tertarik pada bidang FnB dan fashion.