La production orale en classe de FLE (Français Langue Étrangère) pour les niveaux A2 et B1 merupakan elemen penting dalam pembelajaran bahasa Perancis. Tingkat ini mencakup keterampilan dasar yang memungkinkan pembelajar berkomunikasi dalam situasi sehari-hari. Produksi lisan sangat penting dalam pengembangan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Perancis. Ini merupakan cara untuk mengaplikasikan struktur tata bahasa dan kosakata yang telah dipelajari, meningkatkan kepercayaan diri pembelajar, dan mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dalam bahasa asli. Tujuan utama dari produksi lisan adalah memungkinkan pembelajar untuk berbicara dengan jelas dan memahami penutur asli, sambil juga dapat dimengerti oleh mereka.

Pengajaran produksi lisan pada tingkat A2 dan B1 bisa memiliki tantangan tersendiri. Pembelajar pada tingkat ini sering memiliki keterbatasan dalam kemampuan bahasa, yang dapat membuat komunikasi menjadi lebih sulit. Penting bagi guru untuk bersabar dan menyesuaikan pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan khusus pembelajar.

Pada hari Selasa lalu, tepatnya pada tanggal 10 Oktober 2023, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis mengadakan Diskusi Ilmiah ke-2 dengan topik “ La Production Orale En Classe de FLE Pour Les Niveaux A2 et B1” dengan Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd selaku narasumber yang dipandu pemaparannya oleh Monsieur Salman sebagai moderator.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis (Angkatan 2021-2023). Dalam pemaparannya, Madame Dian menjelaskan mengenai FLE dan kompetensi yang harus dikuasai dalam tingkat Niveau A1, A2 dan B1. Tidak hanya itu, para peserta pun diajak mempraktikkan keterampilannya secara langsung sehingga diskusi berjalan dengan menyenangkan dan interaktif.