• 0214895124
  • gpjm-fbs@unj.ac.id
  • Opening: 10:00am - 5:00pm

Hubungi Kami(021) 489-5124

Emailgpjm-fbs@unj.ac.id

AlamatKampus A Gedung Dewi Sartika Lantai 8, UNJ.

By: gpjm GPJM

Audit Mutu Internal sebagai Akar Menuju Akreditasi UNGGUL

Menjelang Audit Mutu Internal (AMI) tahun 2022 seluruh program studi yang ada dilingkungan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS),yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia , Prodi Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Sastra Inggris , Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Prodi Pendidikan Bahasa Perancis, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Pendidikan Seni Rupa, Prodi Pendidikan Tari, Prodi Pendidikan Musik , Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dekanat dan GPJM FBS melaksanaakan pembukaaan pekan Audit Mutu Internal 2022 pada Kamis, 27 Oktober 2022 bertempat di Ruang 408, Gedung Dewi Sartika, Lantai 4. 

Para auditor yang hadir dalam kesempatan ini ialah Dr. Nur Riska, S.Pd., M.Si. (sebagai ketua auditor di Fakultas Bahasa dan Seni) dan dibantu auditor untuk masing – masing prodi diantaranya; Shilmi Arifah, M.Pd., Wasono Adi, S. Sos., M.PC., Elsa Vera Nanda, S. Pd., M.Si., Qorry Meidianingsih, M.Si., Nailul Rahmi Aulya, S. Si., M.Si., Rahmadianty Gazadinda, M.Sc., dan Gita Irianda Rizkyani Medellu, M.Psi. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FBS Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd, Wakil Dekan 1, Eva Leiliyanti, S.S., M.Hum., Ph.D, Wakil Dekan 2, Drs. Krisanjaya, M.Hum., Wakil Dekan 3, Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd, seluruh Koorprodi, GPJM, dan TPjM di lingkungan FBS UNJ. 

Kegiatan AMI adalah salah satu bentuk tindak lanjut dari monev (monitoring dan evaluasi) sebagai program rutin tahunan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) UNJ. Audit Mutu Internal merupakan sebuah langkah untuk menuju pada capaian akreditasi prodi untuk mendapatkan nilai UNGGUL saat proses akreditasi dengan Lembaga apapun sekaligus PPEPP berjalan sebagaimana mestinya. Segala temuan saat proses audit mutu di prodi merupakan bentuk kepedulian auditor dalam membangun akar yang baik di wilayah mutu prodi. Kekurangan pada dokumen yang harus dilengkapi sesuai dengan rekomendasi pada hasil visitasi seyogyanya diupayakan untuk terpenuhi dan siap untuk dilaporkan sebagai sebuah kegiatan mutu. 

Hal ini sejalan dengan sambuatan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. “GPJM dan TPJM adalah ujung tombak asesmen akreditasi, khusunya akreditasi Lembaga Mandiri Pendidikan (LAMDIK). Hal ini dikarenakan Evaluasi Diri (ED) pada saat ini menjadi satu bagian yang disusun antara UPPS dan program studi. Sehingga dengan adanya AMI ini diharapkan dapat menjadi refleksi untuk mengetahui sejauh mana standar yang sudah dilakukan dalam mempersiapkan akreditasi” 

Selanjutnya, Sambutan oleh Kadiv SMPI UNJ, Dr. Ir. Fatah Nurdin, M.M. yang menyampaikan tujuan dilaksanakannya AMI ini ialah untuk  mengevaluasi sejauh mana standar-standar telah diterapkan di seluruh program studi dan fakultas. Sehingga dapat diketahui standar manakah yang telah dilakukan dengan penilaian sangat baik, terlampaui, atau belum dilaksanakan. 

Untuk memudahkan pelaksanaan AMI, ketua auditor FBS, Dr. Nur Riska, S.Pd., M.Si memberikan pengarahan terkait waktu audit dan sistem pelaksanaannya. Kegiatan audit berlangsung selama 2 jam. Kegiatan dan rangkuman dari hasil temuan audit nanti oleh tim Auditor baik di Prodi maupun Fakultas akan memberikan arahan dan rekomendasi atas kelengkapan dokumen yang harus segera ditindaklanjuti oleh GPJM Fakultas. Rangkuman hasil audit kegiatan AMI selanjutnya divalidasi oleh dekanat dan menjadi rujukan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk perbaikan dokumentasi akreditasi dalam rangka persiapan menyambut Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK).(hb)