PIKIRKAN DAN TULIS: CARA PRAKTIS MENEBAR GAGASAN DI MEDIA MASSA

Jakarta, 22 Agustus 2022. “Menebar Gagasan di Media Massa” merupakan topik yang dipilih nara sumber EkoSuprihatno, Redaktur Opini Mediaindonesia.com dalam kegiatan Pelatihan Penulisan Opini oleh Media Indonesia kepada para dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, 2 Agustus 2022.

Buah pikiran dan pengalamannya sebagai redaktur opini menjadi materi yang dikemukan dalam pelatihan di atas. Mengapa perlu menulis? Menurutnya, banyak isi pikiran, seperti pendapat, sikap, dan argumentasi yang perlu disampaikan kepada orang lain. Sebagai jurnalis, semua isi pikiran itu dapat disampaikan dalam bentuk tulisan atau karya jurnalistik.

Tulisan jurnalistik harus aktual, original, mengandung ide baru, memperhatikan etika, sistematis, dan panjang tulisan sekitar 5000 karakter. Itu semua merupakan prinsip-prinsip  yang harus diperhatikan seorang jurnalis dalam menulis  opini. Demikian Eko Suprihatno menyampikan tentang prinsip-prinsip dalam menulis opini.

Selama kegiatan, peserta pelatihan terlihat antusias dan semangat. Nara sumber bukan hanya menyajikan materi, melainkan juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menulis opini dan langsung direview nara sumber.  Hasilnya dalam waktu empat jam selama kegiatan pelatihan, ada lima tulisan dosen FBS direview dan diterbitkan di mediaindonesia.online. Kelima tulisan tersebut adalah opini karya Indro Moerdisuroso (dosen Pendidikan Seni Rupa), opini karya Rien Safrina (dosen Pendidikan Musik), opini karya Hery Budiawan (dosen Pendidikan Musik), opini karya Salman Al Farisi (dosen Pendidikan Bahasa Perancis), dan  satu tulisan dalam jenis feature oleh Selly Oktarini (dosen Pendidikan Tari).

Semua capaian di atas menjadi bukti bahwa munulis itu harus dicoba dan dilakukan. Seperti kata Sudjojono, maestronya pelukis Indonesia, “Menulis itu ibarat naik sepeda, tidak ada teorinya”.  (DK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.