Foto Bersama Kegiatan Program Studi
Previous slide
Next slide
Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri (FBS UNJ), merupakan fakultas yang telah berdiri sejak tahun 1965 dengan nama Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) pada Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. IKIP Jakarta merupakan perluasan mandat dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Indonesia (UI) berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) R.I. No. 1 Tahun 1963, tanggal 3 Januari 1963 yang ditandatangani oleh Presiden R.I. Ir. Soekarno. Kemudian pada tahun 1999, IKIP Jakarta mendapat perluasan mandat menjadi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan Keppres R.I. No. 093 Tahun 1999, tanggal 4 Agustus 1999 yang ditandatangani oleh Presiden R.I. Dr. Ing. BJ. Habibie. Secara resmi perubahan FPBS IKIP Jakarta berubah menjadi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ berdasarkan SK Pendiriannya oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Nomor. 269/DIKTI/Kep/2000, tanggal 10 Agustus 2000.
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu Program Studi Sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta yang menyelenggarakan Tridarma perguruan tinggi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab didirikan sejak 1963 dengan Keputusan Pendirian yang ditandatangani oleh Presiden Nomor 1 Tahun 1963 pada 3 Januari 1963. Saat itu masih menggunakan istilah jurusan pendidikan bahasa dan satra Arab (JBSA), lalu Keputusan Menteri Riset, teknologi, dan pendidikan tinggi nomor 257/M/KPT/2017 tentang nama program studi pada perguruan tinggi dan Keputusan rektor universitas negeri Jakarta nomor 1714/SP/2017 tentang perubahan nama program studi di lingkungan uinvesitas negeri Jakarta, nama program studi menjadi pendidikan bahasa Arab (PBA). Saat ini Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terakreditasi A.
Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah “Menjadi penyelenggara Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dan bereputasi internasional melalui pembelajaran yang kolaboratif dan humanis berbasis literasi digital untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berpikir kritis, kreatif, dan adaptif”.
98/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021