Partisipasi Fakultas Bahasa dan Seni dalam Euforia Pembukaan PKKMB Universitas Negeri Jakarta

Partisipasi Fakultas Bahasa dan Seni dalam Euforia Pembukaan PKKMB  Universitas Negeri Jakarta

Menyambut datangnya generasi penerus bangsa dalam kehidupan kampus, setiap tahunnya dilaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) oleh universitas. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru mengenal lebih dekat kampusnya, memahami atmosfer kampus dalam nuansa akademik yang kental, serta termotivasi untuk selalu berpartisipasi dan berkontribusi dalam hiruk pikuknya kegiatan kemahasiswaan sehingga dapat seirama dengan visi dan misi universitas untuk meraih reputasi di kawasan Asia. Kegiatan Pembukaan PKKMB Universitas Negeri Jakarta (UNJ) secara resmi dibuka pada 16 Agustus 2021 dan akan berkesinambungan di tingkat fakultas hingga program studi. Kegiatan dilaksanakan secara luring bagi para pimpinan universitas, bertempat di Aula Gedung Bung Hatta lantai 2, Kampus A UNJ, dan secara daring bagi peserta melalui Zoom meeting dan kanal live streaming YouTube.

Acara dihadiri oleh Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat, Para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala Unit Pelaksana Teknis, dan para pimpinan lainnya di lingkungan UNJ. Selain itu, PKKM dihadiri pula oleh para tamu undangan, yakni Pimpinan Perguruan Tinggi LPTK dan perguruan tinggi lainnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, dan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan diawali dengan penyambutan kepada mahasiswa baru UNJ T.A. 2021/2022 dan pengenalan para pimpinan. Selanjutnya, para hadirin dan peserta disuguhkan dengan atraksi luring tari tradisional, tari Ondel-Ondel Betawi, persembahan Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni. Penampilan para penari yang rancak dan bersemangat ini menggambarkan kegembiraan para penari dalam menyemarakkan kegiatan PKKMB dan memberikan impresi yang kuat sehingga para mahasiswa baru memiliki rasa bangga terhadap almamaternya. Tarian Ondel-Ondel Betawi juga sebagai simbol rasa syukur dan suka cita mahasiswa baru yang telah berhasil terseleksi mengalahkan puluhan ribu calon mahasiswa lain untuk bisa menembus seleksi jenjang pendidikan lanjut di UNJ. Tak hanya sajian tari, rangkaian acara pembukaan PKKMB juga diwarnai oleh tayangan Batavia Chamber Orchestra (BCO), orkestra populer dengan para musisi muda mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik FBS. Di bawah pimpinan R.M. Aditya Andriyanto, M.Sn., BCO mengiringi penampilan jajaran Pimpinan UNJ, yang berkolaborasi dengan tim paduan suara, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ.

Serangkaian tayangan prestasi mahasiswa UNJ tingkat nasional dan internasional juga mewarnai materi pembukaan. Capaian luar biasa dan membanggakan dari FBS diantaranya adalah prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik yang mendapatkan juara I untuk 12 kategori dan Juara II untuk 1 kategori kompetisi internasional musik jazz virtual, The Colors of Art 2020, yg diselenggarakan oleh Sopravista, Italy, serta Juara I Keroncong dan Juara II Seriosa Putri dalam Peksiminas 2018. Tentunya prestasi ini akan semakin membakar semangat mahasiswa baru untuk meneruskan estafet kegemilangan FBS, dengan  melahirkan para jawara di bidang bahasa dan seni pada periode selanjutnya.

Tak kalah dengan seniornya, pada momen PKKMB ini pula, ditanyangkan video persembahan karya mahasiswa baru dari seluruh fakultas. Mahasiswa baru FBS menampilkan karya tarian dan midley lagu dengan gubahan lirik yang unik dan memesona. Tampak mereka sangat mempersiapkan penampilan ini dan menunjukkan optimisme yang tinggi bahwa mahasiswa FBS pasti akan terus berkarya dan berprestasi maksimal di kancah nasional dan global.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Kegiatan PKKMB UNJ, Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Abdul Sukur, M.Si. mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru UNJ yang berjumlah 6.433, diantaranya berasal dari  FBS, yakni 783 mahasiswa yang tersebar di 12 program studi.

Tema yang diusung dalam PKKMB tahun ini adalah “PKKMB Mewujudkan Mahasiswa UNJ Unggul dan Bereputasi di Kawasan Asia”. Dalam sambutannya, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. menyampaikan, “PKKMB adalah wahana yang penting untuk mengubah paradigma mahasiswa baru dalam menghasilkan karya, serta memberikan solusi atas permasalahan bangsa. Urgensi tersebut tertuang dalam 4 poin penting yaitu sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru, pengenalan visi dan budaya kampus, pengenalan wawasan kebangsaan, dan pengenalan wawasan global.”

Pembukaan kegiatan PKKMB ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor, dan penyematan slayer kepada para perwakilan mahasiswa baru yang hadir secara luring. Salah satunya adalah Gina Ramadani, perwakilan dari FBS yang  disambut langsung oleh Rektor untuk menerima penyematan slayer.

“FBS Kreatif, Cerdas, dan Berwawasan Luas”, itulah yel-yel persembahan dari mahasiswa baru FBS. Penampilan kreativitas yel-yel tersebut mengakhiri kegiatan pembukaan PKKMB UNJ 2021. (hp/ren)