Sivitas Akademika Fakultas Bahasa dan Seni Mendukung Visitasi Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Negeri Jakarta

Sivitas Akademika Fakultas Bahasa dan Seni Mendukung Visitasi Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Negeri Jakarta

      Dalam rangka menuju universitas dengan akreditasi UNGGUL, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyambut visitasi asesmen lapangan tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 25-26 Januari 2021. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sangat mendukung dan menyukseskan kegiatan ini melalui koordinasi dan sinergi dengan tim APT UNJ dalam hal penyediaan data-data pendukung yang dibutuhkan serta kesiagaan di lapangan (luring) maupun secara daring, mendampingi tim APT UNJ khususnya terkait bidang akademik dan kemahasiswaan, keuangan, kepegawaian, sarana prasarana, dan lain-lain.

Tim asesor BAN-PT terdiri dari Dr. Ir. Suhanan, DEA, Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, B.A., M.Pd., Prof. Dr. Indra Maipita, S.Pd., M.Si., Ph.D., Prof. Dr. Seger Handoyo, Drs. Johan Andoyo Effendi Noor, M.Sc., Ph.D., dan Dr. Indriaty Sudirman, S.E., M.Si. Sementara itu, hadir pada pembukaan hari pertama asesmen ialah para jajaran pimpinan UNJ, dosen dan tenaga kependidikan terkait, sejumlah perwakilan mahasiswa, alumni, dan mitra UNJ.

Pada sesi pembukaan, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., mengawali sambutan dengan menyajikan tayangan selayang pandang UNJ, yaitu profil, layanan, serta prestasi-prestasi yang telah diraih oleh dosen dan mahasiswa UNJ tingkat nasional hingga internasional dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Segala pencapaian tersebut merupakan motivasi kuat bagi segenap sivitas akademika untuk merealisasikan visi UNJ, menjadi universitas bereputasi di Asia. Komarudin berharap kegiatan asesmen lapangan dapat memperoleh rekomendasi yang bersifat perbaikan atas kelemahan-kelemahan. “Mohon tim asesor dapat memberikan pendampingan, bimbingan yang berkelanjutan,” ujar Komarudin. Tentunya, Asesmen Lapangan ini diharapkan bisa menghantarkan UNJ pada hasil maksimal sesuai target yang ditetapkan, yaitu UNJ akreditasi UNGGUL.

Begitu pula dengan para panelis asesor yang diwakili oleh Suhanan, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan waktu dan kesiapan UNJ dalam melaksanakan asesmen lapangan. Suhanan menegaskan, “Kegiatan asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengonfirmasi dan memverifikasi dokumen-dokumen APT.” Konfirmasi dan verifikasi dilakukan tidak hanya melalui dokumentasi yang tersaji tetapi juga melalui klarifikasi langsung dari jajaran pimpinan UNJ, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta mitra UNJ. Sebelum kegiatan asesmen dimulai, dilakukan penandatanganan pernyataan Asesmen Lapangan oleh Rektor UNJ yang kemudian dikirimkan kepada panel asesor.

Hari pertama sesi awal asesmen, para asesor mengonfirmasi dan memverifikasi dokumen-dokumen akreditasi dengan jajaran pimpinan UNJ, yaitu Rektorat, para dekan, direktur, ketua lembaga, kepala biro, dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan UNJ, serta Senat. Tidak ketinggalan, tim APT UNJ yang menjadi ujung tombak, turut mendampingi. Pada sesi konfirmasi dengan Dekan FBS, tim sarpras FBS mempersiapkan diri untuk menunjukkan secara langsung kondisi sarpras yang ada di lingkungan FBS, meliputi ruang kuliah, ruang kantor, ruang praktik, studio, laboratorium bahasa, ruang rapat, dan toilet. Hal ini dilakukan tentunya guna mendukung penyajian informasi tentang kelayakan sarpras. Menutup rangkaian agenda pada hari pertama, tim asesor mengakhiri konfirmasi dengan orang tua selaku masyarakat, mahasiswa, alumni, dan mitra UNJ.

Kegiatan asesmen pada hari kedua melibatkan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Sejumlah pertanyaan dilontarkan para asesor, diantaranya menyoal alur dan monitoring bidang keuangan, manajemen laboratorium, peningkatan kualitas SDM, penempatan personalia, instrumen tracer study, sarana dan prasarana, ketersediaan sistem TIK, kurikulum, keaktifan mahasiswa, kerja sama, kepuasan terhadap layanan, dan lain sebagainya.  Sesi konfirmasi berlangsung dengan lancar, interaksi yang terbangun sangat positif sehingga para asesor mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sesi terakhir ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan antara pimpinan UNJ dan panel asesor. Semoga kegiatan Asesmen Lapangan APT UNJ membuahkan hasil akreditasi UNGGUL bagi UNJ. Sukses APT UNJ! (ren)