Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta


Pekan AMI telah berlangsung dari 16 Desember 2020 yang diawali dengan acara pembukaan. Usai pembukaan, masing-masing program studi langsung berkoordinasi dengan Standar Penjaminan Mutu Internal Universitas Negeri Jakarta (SPMI UNJ) terkait penjadwalan audit dengan para tim auditor SPMI. Hasil temuan audit menjadi rekomendasi bagi program studi untuk ditindaklanjuti sehingga pemenuhan dokumen-dokumen yang sesuai dengan standar Dikti dan BAN PT dapat tercapai.
Pelaksanaan audit dilanjutkan ke tingkat fakultas dengan pertemuan antara tim auditor SPMI dan Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) pada Rabu, 13 Januari 2021 pukul 10.00 WIB. secara daring. Hadir dalam pertemuan, 3 auditor SPMI, yaitu Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si., yang juga bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan AMI, Dr. Oot Hotimah, M.Si., dan Aam Amaningsih Jumhur, M.T. Selain itu, hadir jajaran tim Dekanat FBS beserta staf pada masing-masing bidang serta tim GPJM.
Mengawali kegiatan dengan sambutan, Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. memberikan apresiasi yang tinggi kepada FBS, yang telah menyajikan ketersediaan dokumen-dokumen standar secara nyaris lengkap. Beliau juga takjub terhadap rencana-rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh FBS guna tercapainya standar. Bahkan salah satu auditor, Aam Amaningsih Jumhur, M.T, mengatakan, “FBS bisa menjadi raw model bagi fakultas-fakultas lain”. Hal senada disampaikan oleh Dr. Oot Hotimah, M.Si. yang mengapresiasi lengkapnya data-data yang disuguhkan selama proses audit dan sigapnya respon FBS menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan.
Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Dekan FBS, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan serta menjelaskan kepada tim auditor kegiatan-kegiatan konkrit dan capaian yang akan dilakukan dan diraih oleh FBS untuk mengejar target Indikator Kinerja Utama (IKU) Dikti dan BAN PT, yang secara langsung maupun tidak, merupakan target IKU pada standar AMI.
Beberapa langkah konkrit tersebut adalah:
1. FBS akan mengarantina para dosen yang akan mengurus kenaikan jabatan fungsional, yaitu memberikan ulasan, bimbingan, dan pendampingan secara intensif terhadap artikel dosen, baik dari segi konten maupun bahasa Inggris, hingga siap dan berhasil input publikasi. Fakultas akan memfasilitasi kegiatan karantina ini di suatu venue agar dosen bisa fokus. Fakultas akan menyeleksi 2 artikel dari 2 dosen yang siap untuk naik jabatan.
2. Mengintensifkan kemitraan dengan dunia usaha dan industri untuk kegiatan PKL.
3. Memberikan apresiasi kepada program studi untuk membimbing mahasiswa berprestasi, dan apresiasi juga semakin diperhatikan jika mahasiswa berhasil meraih predikat pemenang pada kejuaraan.
4. Mematangkan instrumen pelacakan alumni.
5. Memotivasi dosen untuk mengikuti sertifikasi kepakaran.
6. Memotivasi program studi untuk mengusulkan perjanjian-perjanjian kerja sama lain yang diperlukan sehingga fakultas dapat memfasilitasi hal ini.
Semua langkah konkrit di atas benar-benar membuat para auditor berdecak kagum atas kemajuan-kemajuan pemikiran yang akan dimplementasikan oleh FBS.
Pada sesi selanjutnya, masing-masing tim masuk ke breakout room sesuai bidang bahasan, yang terdiri atas bidang I, digawangi oleh Wakil Dekan I, Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. dan auditor Dr. Aam Amaningsih Jumhur, M.Si., bidang II, digawangi oleh Wakil Dekan II, Dr. Dian Herdiati, M.Pd. dan auditor Dr. Oot Hotimah, M.Si., dan bidang III, digawangi oleh Wakil Dekan III, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. dan auditor Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. Pada setiap bidang, para auditor mengklarifikasi data, menyamakan persepsi atas kondisi-kondisi existing di lapangan, serta memberikan rekomendasi penyempurnaan. Diharapkan kegiatan AMI tahun ini mendukung upaya fakultas melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada penjaminan mutu sehingga fakultas dapat mengawal setiap program studi untuk berkontribusi dalam pencapaian nilai re-akreditasi yang memuaskan. (ren)